Bocorkan Isi Pembicaraan, Xi Jinping Semprot PM Kanada

Kamis, 17 November 2022 - 00:47 WIB
loading...
Bocorkan Isi Pembicaraan, Xi Jinping Semprot PM Kanada
Presiden China Xi Jinping menegur PM Kanada Justin Trudeau di KTT G20 karena membocorkan isi pembicaraan mereka berdua ke media. Foto/Reuters
A A A
DENPASAR - Presiden China Xi Jinping secara terbukamenegurPerdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau karena membocorkan isi pertemuan mereka ke media. Wartawan Kanada merekamperistiwa tersebut dalam video selama KTT G20 di Bali, pada Rabu.

Hampir satu menit, percakapan dibuka dengan Xi Jinping, berbicara melalui penerjemah, memberi tahu Trudeau: "Semua yang kita diskusikan telah bocor ke surat kabar."

“Itu tidak pantas. Dan itu bukan cara percakapan dilakukan,” tambah Jinping. “Jika ada ketulusan di pihakmu…” ujar Jinping.

Baca: Usai Bertemu Xi Jinping, Biden Tegaskan Tak Ada Invasi China ke Taiwan

“Di Kanada kami percaya pada dialog yang bebas dan terbuka dan terus terang, dan itulah yang akan terus kami lakukan,” jawab Trudeau, berbicara melalui penerjemah yang masih berusaha menyelesaikan penyampaian kata-kata Jinping.

“Kami akan terus bekerja sama secara konstruktif tetapi akan ada hal-hal yang tidak kami setujui,” tambah pemimpin Kanada itu.

“Mari kita buat kondisi (untuk itu) terlebih dahulu,” jawab Xi, menawarkan jabat tangan kepada Trudeau seperti dilansir dari Russia Today, Kamis (17/11/2022).

Sementara pemimpin China itu tersenyum dan melanjutkan, PM Kanada berjalan menjauh dari kamera, seorang diri.

Baca: Biden dan Xi Jinping Bentrok soal Taiwan dalam Pertemuan di Bali

Reuters menggambarkan insiden itu sebagai pertunjukan kekesalan depan publik yang langka oleh Xi Jinping merujuk pada laporan media tentang isi pertemuannya dengan Trudeau pada hari Selasa lalu.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3331 seconds (10.55#12.26)