Mengejutkan, 44 dari 49 Jenis Pesawat Militer AS Tidak Siap Terbang

Minggu, 13 November 2022 - 06:00 WIB
loading...
Mengejutkan, 44 dari 49 Jenis Pesawat Militer AS Tidak Siap Terbang
F-35B termasuk jenis pesawat militer AS yang gagal memenuhi persyaratan kemampuan misi bahkan hanya untuk satu tahun. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Hanya lima dari 49 jenis pesawat di gudang senjata militer Amerika Serikat (AS) yang memenuhi target kesiapan misi selama lima tahun atau lebih dalam periode antara tahun fiskal 2011 dan 2021.

Kantor Akuntabilitas Pemerintah AS (GAO) mengungkapkan hal itu dalam laporan resminya.

Temuan itu muncul meski ada kucuran lebih dari USD800 miliar uang pembayar pajak AS ke militer pada 2021.

Hal itu juga terlepas dari ketergantungan berat Pentagon pada Angkatan Udara untuk melakukan tugas berat di sebagian besar operasinya di seluruh dunia, termasuk pengeboman beberapa negara.



Dalam laporan komprehensif setebal 352 halaman yang dirilis pekan ini, pengawas anggaran pengeluaran Kongres menunjukkan bahwa masalah seperti usia pesawat, masalah pemeliharaan, dan ketersediaan suku cadang secara dramatis menghambat tingkat kesiapan.

Adapun tingkat kesiapan diukur dengan kemampuan pesawat untuk terbang dan melakukan setidaknya satu misi.

Hanya UH-1N Angkatan Udara, kakek dari helikopter yang diproduksi pada 1970-an, yang dianggap mampu melakukan misi selama periode sebelas tahun yang dipelajari.



Turboprop pengintaian anti-kapal selam EP-3E Angkatan Laut adalah yang terbaik kedua, memenuhi sasaran kemampuan misi tahunan selama tujuh dari sebelas tahun.

Pembom B-2 siluman Angkatan Udara dan pesawat komando dan kontrol RC-135S-W mendapat skor enam tahun.

Pesawat E-6B C&C Angkatan Laut melengkapi lima besar, dianggap siap misi untuk lima dari 11 tahun.

44 pesawat dan helikopter yang tersisa dalam daftar mendapat skor 3 atau lebih rendah, dengan 26 jenis pesawat militer gagal memenuhi persyaratan kemampuan misi bahkan untuk satu tahun.

Di antaranya adalah pesawat tempur F-35B Korps Marinir yang sangat tersohor, F-16 Angkatan Udara, F-22 dan kapal tanker KC-130J Marinir, pengangkut kargo C-17 Angkatan Udara, pesawat C&C E-C2 Angkatan Laut, dan sepuluh jenis lain helikopter Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Korps Marinir, termasuk CV-22 Osprey.

Jet multiperan F/A-18 E/F Super Hornet Angkatan Laut yang ramping, digambarkan dalam blockbuster musim panas Top Gun: Maverick yang diakui secara kritis, dianggap belum siap untuk terbang selama 11 tahun.

Laporan tersebut memperhitungkan bahwa selama jangka waktu tahun fiskal 2011-2021, satu-satunya cabang militer yang meningkatkan tingkat kemampuan misinya adalah Angkatan Darat, dengan Angkatan Udara, Angkatan Laut, dan Korps Marinir semuanya mengalami penurunan kesiapan.

Pada tahun fiskal 2021, hanya dua dari 49 pesawat yang dipelajari memenuhi kriteria kemampuan misi.

GAO menunjuk ke berbagai faktor yang mempengaruhi tingkat kesiapan, mulai dari penundaan peningkatan armada dan perpanjangan paksa masa pakai hingga kerusakan tak terduga yang membutuhkan perbaikan mahal dan suku cadang baru, kekurangan komponen tersebut, keterlambatan pengirimannya, dan bahkan hilangnya suku cadang seluruhnya.

Selain itu, pengawas mengutip kurangnya kemampuan depot pemeliharaan, kekurangan personel pemeliharaan yang terlatih, dan masalah dengan akses ke data teknis yang diperlukan untuk memungkinkan perbaikan.

Menurut GAO, biaya operasi dan dukungan Angkatan Darat dan Angkatan Udara telah turun masing-masing sebesar 18% dan 54%, selama dekade yang diperiksa.

Adapun Angkatan Laut dan Korps Marinir meningkat masing-masing sebesar 39% dan 75%.

Total biaya operasi dan dukungan mencapai USD54 miliar pada tahun 2020, dengan biaya pemeliharaan rata-rata keseluruhan meningkat, inventaris pesawat meningkat 14,8%, tetapi total jam terbang turun lebih dari 20%.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1821 seconds (0.1#10.140)