Tegang dengan Rusia, Kapal Induk Kedua AS Menuju Eropa

Selasa, 01 November 2022 - 06:57 WIB
loading...
Tegang dengan Rusia, Kapal Induk Kedua AS Menuju Eropa
Kelompok Penyerang Kapal Induk USS Gerald R Ford Angkatan Laut AS dilaporkan menuju Eropa di tengah ketegangan yang memanas antara Barat dan Rusia. Foto/US Navy
A A A
LONDON - Di tengah ketegangan yang memanas antara Barat dan Rusia, kapal induk Amerika Serikat (AS); USS Gerald R Ford, dan kelompok penyerangnya sedang menuju Eropa.

Itu akan menjadi kapal induk kedua Amerika yang dikerahkan ke Eropa. Sebab, kapal induk Washington sebelumnya; USS George H.W. Bush, masih berada kawasan itu setelah menjalani latihan tempur Neptune Strike bersama pasukan negara-negara NATO di Mediterania.

Mengutip laporan dari UK Defense Journal, Selasa (1/11/2022), Kelompok Penyerang Kapal Induk USS Gerald R Ford diperkirakan akan berlabuh di dekat Portsmouth di Inggris selatan pada pertengahan November.

Tanggal pasti kedatangannya, yang mencakup tujuh kapal perang lainnya, belum diumumkan secara publik. "Merilis data seperti itu sekarang mungkin bukan ide terbaik dari sudut pandang keamanan,” tulis media pertahanan Inggris tersebut.



Menurut laporan itu, beberapa kapal Amerika akan berlabuh di Pangkalan Angkatan Laut Portsmouth, sementara USS Gerald R Ford harus berlabuh di luar, di roadstead di daerah Spithead, karena masalah ukurannya.

Kapal induk sepanjang 333 meter itu dilaporkan menampung sekitar 90 pesawat dan helikopter, termasuk pesawat pengebom tempur F-35C generasi kelima.

USS Gerald R Ford, ditugaskan oleh Angkatan Laut AS pada tahun 2017, adalah kapal pertama dengan nama yang sama kelas Ford, dan merupakan kapal induk terbesar di dunia.

Ini memulai penyebaran "service-retained" perdananya pada 4 Oktober, berangkat dari Norfolk, Virginia. Kapal tersebut telah mengunjungi pelabuhan internasional pertamanya pada hari Jumat dengan tiba di Halifax, Kanada.

Menurut Angkatan Laut AS, USS Gerald R Ford telah melakukan latihan maritim multinasional di Samudra Atlantik dengan sekutu NATO seperti Kanada, Spanyol, Denmark, Belanda dan Jerman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)