Dituding Agen Asing, Putri Baptis Putin Kabur dari Rusia

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 15:57 WIB
loading...
Dituding Agen Asing, Putri Baptis Putin Kabur dari Rusia
Ksenia Sobchak (40) yang disebut sebagai putri baptis Presiden Vladimir Putin meninggalkan Rusia setelah dituding sebagai agen asing. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
MOSKOW - Putri baptis presiden Rusia Vladimir Putin terekam kamera melintasi perbatasan dari Belarusia ke Lithuania. Hal ini pun dikonfirmasi oleh otoritas setempat.

"Ksenia Sobchak (40) menggunakan paspor Israelnya untuk memasuki negara Uni Eropa kemarin," pejabat negara telah mengkonfirmasi seperti dikutip dari Metro.co.uk, Jumat (28/10/2022).

CCTV menangkapnya berjalan dengan topi dengan kepala tertunduk sementara seorang pria yang tidak disebutkan namanya terlihat membawa tasnya. Seorang petugas kontrol perbatasan bertanya kepadanya 'ke mana dia menuju', yang dijawab dengan jujur oleh Sobchak.

Dia dilaporkan membeli tiket ke Turki dan Dubai untuk 'membingungkan' penyelidik Rusia saat bepergian ke Belarusia dengan mobil.

Diyakini Sobchak - yang ayahnya memberi Putin karir awal politik sebagai wakilnya ketika dia menjabat sebagai walikota St Petersburg - melarikan diri dari penganiayaan.

Baca: Putin: Dunia Menghadapi Dekade Paling Berbahaya Sejak Perang Dunia II

Penyelidik negara bagian Moskow sedang menyelidiki apakah Sobchak, yang diduga mengkritik invasi ke Ukraina, "didanai dari luar negeri." Outlet media online miliknya, Ostorozhno Novosti, juga sedang diselidiki.

Jika dana asing ditemukan, Sobchak akan menjadi agen asing, Kremlin memperingatkan.

Banyak yang menduga Putin sebenarnya membiarkan Sobchak pergi daripada melihat wanita yang dijuluki 'anak baptisnya' ditahan seperti musuh politiknya yang lain.

Petunjuk untuk mendukung ini termasuk fakta bahwa media pemerintah Rusia mengumumkan dia pergi ke Lituania hanya 36 menit setelah diizinkan keluar oleh penjaga perbatasan Belarusia yang tidak mencoba menghentikannya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2099 seconds (10.55#12.26)