Jadi PM Inggris Tersingkat, Liz Truss Kantongi Rp2 M Seumur Hidup

Minggu, 23 Oktober 2022 - 14:16 WIB
loading...
Jadi PM Inggris Tersingkat, Liz Truss Kantongi Rp2 M Seumur Hidup
Jadi perdana menteri Inggris tersingkat, Liz Truss kantongi Rp2 miliar seumur hidup. Foto/Mint
A A A
LONDON - Liz Truss boleh saja masuk dalam catatan sejarah Inggris sebagai perdana menteri dengan masa jabatan tersingkat. Namun itu sudah cukup untuk membuatnya mengklaim tunjangan yang tidak sedikit seumur hidupnya.

Truss hanya menjabat perdana menteri Inggris selama 44 hari. Meskipun masa jabatannya singkat, ia akan memperoleh Tunjangan Biaya Tugas Publik sebesar 115.000 poundsterling atau sekitar Rp2 miliar lebih per tahun selama sisa hidupnya.

Uang itu bukan untuk penggunaan pribadi, melainkan untuk membantu membayar biaya tambahan yang dihadapi mantan perdana menteri karena berada dalam “kehidupan publik”, seperti kepegawaian.

Rencana bahwa perdana menteri dengan masa jabatan terpendek itu mendapat uang tunjangan telah menjadi kontroversi. Beberapa pihak menilai uang itu bisa dimanfaatkan dengan lebih baik. Truss sendiri tidak menanggapi permintaan komentar terkait hal ini.

Berikut adalah sejumlah hal perlu diketahui terkait tunjangan tersebut seperti dilansir dari Al Arabiya, Minggu (23/10/2022).



1. Berapa Tunjangan Biaya Tugas Publik?

Tunjangan itu diumumkan oleh Perdana Menteri John Major pada tahun 1991 menyusul pengunduran diri pendahulunya, Margaret Thatcher.

Pembayaran dilakukan oleh Kantor Kabinet pusat untuk mengganti para pemimpin masa lalu untuk biaya kantor yang dikeluarkan karena "posisi khusus" dalam kehidupan publik. Mereka tidak diperbolehkan membelanjakan uang untuk kehidupan pribadi mereka atau untuk membayar kantor konstituen mereka.

Batasnya adalah 115.000 pounds ditinjau oleh perdana menteri yang menjabat setidaknya setahun sekali, tetapi telah statis sejak 2011.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1512 seconds (0.1#10.140)