Negara-negara yang Terlibat Perang Rusia dan Ukraina

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 17:30 WIB
loading...
Negara-negara yang Terlibat Perang Rusia dan Ukraina
Tank antipesawat Gepard milik angkatan bersenjata Jerman, Bundeswehr, menembak selama demonstrasi di area latihan Munster. Foto/REUTERS/Christian Charisius
A A A
BERLIN - Perang Rusia ke Ukraina sejak Februari 2022 telah menyeret sejumlah negara. Negara-negara ini meskipun tidak secara langsung konflik di lapangan, mereka terlibat dalam perang Rusia Ukraina.

Mereka mengerahkan senjata militer hingga memberikan sejumlah dana untuk kelangsungan Ukraina di tengah gempuran Rusia.

Berikut negara-negara yang terlibat dalam perang Rusia dan Ukraina.

1. Amerika Serikat

Salah satu negara yang telibat perang Rusia Ukraina adalah Amerika Serikat. Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, Amerika Serikat bertanggung jawab atas serangan roket oleh Kiev di daerah Donbas timur.

Selain itu, pemerintahan di era Presiden Joe Biden pun sudah memberikan USD8 miliar dalam bantuan ke Ukraina termasuk tambahan USD550 juta sejak invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022.

Namun, pemerintah Amerika Serikat membantah bahwa mereka merupakan peserta dalam konflik atau terlibat perang dengan Rusia.

2. Jerman

Jerman telah mengirimkan 53.000 peluru untuk senjata anti-pesawat self-propelled, 50 rudal penghancur bungker, hingga 21,8 juta peluru senjata api ke Ukraina sejak invasi yang dilakukan Rusia.

Bahkan, Menteri Pertahanan Jerman Christine Lambrecht mengatakan Berlin akan terus mendukung Kiev selama diperlukan.

Lalu pada Senin (12/9/2022), diketahui Jerman sudah melewati garis merah dengan Rusia saat mengirim senjata ke Ukraina.

Peringatan tersebut diungkapkan oleh Duta Besar Rusia Sergey Nechaev di Berlin. Pemerintah Jerman pun mengaku mempunyai tanggung jawab untuk medukung Kiev, sehingga dapat mempertahankan melawan Rusia.

3. Belanda

Pada Oktober 2022, Belanda mengirimkan rudal pertahanan udara senilai 15 juta euro. Menteri Pertahanan Belanda Kajsa Ollongren mengatakan, dengan persenjataan dari Belanda itu tentara Ukraina dapat mencegah rudal jelajah dan senjata lainnya.

Diketahui, Belanda mengirimkan 200 rudal anti-pesawat Stringer ke Kiev, tak lama setelah Rusia menginvasi Ukraina.

Kemudian Belanda juga menyumbang 70 juta euro untuk membantu Ukraina melewati musim dingin.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1716 seconds (0.1#10.140)