Liz Truss Mundur, Tagar #bringbackboris Menggema

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 07:55 WIB
loading...
Liz Truss Mundur, Tagar #bringbackboris Menggema
Mantan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menjadi kandidat untuk menggantikan Liz Truss yang mengundurkan diri. Foto/conservativepost.co.uk
A A A
LONDON - Liz Truss mengumumkan pengunduran diri sebagai perdana menteri Inggris pada Kamis kemarin atau atau hanya enam minggu setelah menjabat. Truss pun akan tercatat dalam sejarah sebagai perdana menteri Inggris dengan masa jabatan terpendek.

Pengunduran diri Truss kembali memicu kontestasi untuk kursi perdana menteri Inggris kedua dalam empat bulan di Partai Konservatif yang terpecah dan demoralisasi. Partai yang memegang kursi mayoritas di parlemen itu berjanji untuk memilih pemimpin baru pada Jumat depan.

Graham Brady, seorang anggota parlemen senior Konservatif yang mengawasi tantangan kepemimpinan partai, mengatakan setiap kandidat harus mendapatkan 100 nominasi dari legislator untuk mencalonkan diri.

Kontes tersebut kemungkinan akan mengadu mantan menteri keuangan Rishi Sunak melawan Penny Mordaunt, mantan menteri pertahanan. Tapi itu juga bisa melihat kembalinya mantan perdana menteri Boris Johnson yang digulingkan pada Juli lalu seiring kemunculan tagar #bringbackboris.

Berikut adalah kandidat utama yang berpotensi menjadi perdana menteri Inggris seperti dilansir dari France 24, Jumat (21/10/2022).



1. Rishi Sunak

Mantan menteri keuangan Inggris ini adalah kandidat paling populer di antara anggota parlemen Konservatif di Westminster dalam kontes kepemimpinan awal tahun ini.

Namun setelah lolos ke putaran kedua melawan Truss, ia kalah dalam pemungutan suara yang melibatkan sekitar 170.000 anggota partai yang membuat keputusan akhir.

Sunak (42) telah memperingatkan bahwa rencana Truss untuk mendanai proposal melalui pinjaman tambahan adalah sembrono dan dapat memperburuk inflasi yang tinggi selama beberapa dekade serta kepercayaan pasar di Inggris.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1901 seconds (0.1#10.140)