AS Tekan Turki Tentang Hubungan dengan Rusia

Kamis, 20 Oktober 2022 - 12:13 WIB
loading...
AS Tekan Turki Tentang Hubungan dengan Rusia
Asisten Menteri Keuangan AS untuk pendanaan teroris dan kejahatan keuangan, Elizabeth Rosenberg. Foto/REUTERS
A A A
ANKARA - Para pejabat Amerika Serikat (AS) terbang ke Ankara pekan ini untuk menekan pejabat dan pemimpin bisnis Turki agar mematuhi sanksi anti-Rusia oleh Washington.

Bloomberg melaporkan hal itu pada Rabu (19/10/2022). Dengan Turki mengambil posisi netral dalam konflik di Ukraina, AS telah mengeluarkan beberapa peringatan kepada negara itu.

“Dipimpin Asisten Menteri Keuangan AS untuk pendanaan teroris dan kejahatan keuangan, Elizabeth Rosenberg, delegasi AS bertemu gubernur bank sentral Turki dan kelompok bisnis di Ankara dan Istanbul awal pekan ini,” ungkap laporan itu.

“Rosenberg bertemu dengan pejabat keuangan lokal pada Rabu untuk pembicaraan pribadi,” papar sumber Bloomberg.



Rosenberg sebelumnya adalah rekan senior di Center for a New American Security, wadah pemikir yang sebagian besar didanai industri senjata.

Saat bekerja di Departemen Keuangan selama pemerintahan Barack Obama, dia menyusun sanksi terhadap Iran, Libya, dan Suriah.

Departemen Keuangan tidak mengomentari isi pembicaraan Rosenberg, begitu pula sumber Bloomberg.



Namun, para pejabat AS sebelumnya telah menyatakan ketidaksenangan dengan penolakan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan untuk memberikan sanksi kepada Rusia atas operasi militernya di Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1378 seconds (0.1#10.140)