Vladimir Putin: Taktik Teror Kiev Bukan Hal Baru

Selasa, 11 Oktober 2022 - 01:48 WIB
loading...
Vladimir Putin: Taktik Teror Kiev Bukan Hal Baru
Vladimir Putin: Taktik Teror Kiev Bukan Hal Baru. FOTO/TASS
A A A
ST. PETERSBURG - Rezim Kiev telah lama menggunakan taktik teroris. Hal itu diungkapkan Presiden Rusia Vladimir Putin sehubungan dengan serangan di jembatan Crimea .

"Jelas bahwa penghasut, penyelenggara, dan pelaku serangan teroris (di jembatan Crimea) adalah layanan khusus Ukraina. Rezim Kiev telah lama menggunakan taktik teroris," kata Putin saat membuka pertemuan dengan anggota tetap Dewan Keamanan, Senin (10/10/2022), seperti dikutip dari TASS.



Menurut Putin, kejahatan yang dilakukan Kiev termasuk pembunuhan tokoh masyarakat, jurnalis, dan ilmuwan, baik di Ukraina dan Rusia.

"Ini adalah penembakan teroris di kota-kota di Donbass, yang telah berlangsung selama lebih dari delapan tahun. Ini juga merupakan tindakan terorisme nuklir, maksud saya serangan rudal dan artileri di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporozhye," lanjut Putin.

Putin menjelaskan bahwa dia telah diberitahu tentang kesimpulan pertama dari penyelidikan sabotase jembatan Krimea.

"Data dari pemeriksaan forensik dan lainnya, serta informasi operasional, menunjukkan bahwa ledakan 8 Oktober adalah tindakan teroris. Tindakan teroris yang bertujuan menghancurkan infrastruktur sipil penting Rusia," jelasnya.



Pada Sabtu pagi, sebuah truk meledak di Jembatan Crimea, merobohkan dua bagian jalan yang menuju ke timur dan kemudian membakar sekeranjang tangki bahan bakar di bagian rel yang berdekatan dan terpisah dari jembatan. Dua bentang bagian mobil dari jembatan yang menuju semenanjung runtuh.

Dilaporkan pula, Putin dan Direktur Jenderal Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Rafael Grossi mungkin akan mengadakan pembicaraan pada awal pekan ini. Hal itu diungkapkan seorang sumber yang dekat dengan administrasi kepresidenan Rusia. Negosiasi dapat dilakukan di St. Petersburg pada Selasa (11/10/2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1513 seconds (0.1#10.140)