Rusia Puji Arab Saudi Cs karena Berani Melawan AS soal Minyak

Senin, 10 Oktober 2022 - 07:59 WIB
loading...
Rusia Puji Arab Saudi Cs karena Berani Melawan AS soal Minyak
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. Rusia puji Arab Saudi dan negara-negara OPEC lainnya karena berani melawan tekanan AS dengan menolak meningkatkan produksi minyak. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Rusia memuji Arab Saudi dan negara-negara lain yang tergabung dalam OPEC+ karena berani melawan tekanan Amerika Serikat (AS) dengan menolak meningkatkan produksi minyak.

Mereka sepakat memangkas produksi minyak secara tajam. Menurut Moskow, itu melawan apa yang disebutnya "kekacauan" yang ditaburkan oleh As di pasar energi global.

Keputusan 13 negara kelompok OPEC+ untuk memangkas produksi minyak secara tajam meskipun ditentang AS telah menempatkan lebih banyak jarak dalam hubungan antara Presiden AS Joe Biden dan keluarga Kerajaan Arab Saudi.

Baca juga: Menolak Tunduk pada AS soal Minyak, Tindakan Arab Saudi Dianggap Bermusuhan

"Itu bagus. Kerja yang seimbang, bijaksana dan terencana dari negara-negara yang mengambil posisi bertanggung jawab dalam OPEC bertentangan dengan tindakan AS," puji juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, seperti dikutip Al Jazeera, Senin (10/10/2022).

"Ini setidaknya menyeimbangkan kekacauan yang disebabkan oleh Amerika," lanjut Peskov.

Gedung Putih selama berbulan-bulan telah terlibat dalam upaya diplomatik untuk menghalangi sekutu Timur Tengah-nya dari pemangkasan produksi minyak.

Pemangkasan produksi minyak itu berpotensi memicu kenaikan harga bensin di Amerika.

Presiden Joe Biden berharap untuk menjaga harga bensin di AS agar tidak melonjak lagi menjelang pemilu November, di mana Partai Demokrat-nya berjuang untuk mempertahankan kendali Kongres.

Peskov mengatakan AS mulai kehilangan ketenangannya atas keputusan OPEC+ dan berusaha mendorong volume tambahan cadangan minyaknya ke pasar.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1455 seconds (10.55#12.26)