Pembicaraan Soal Perbatasan Maritim di Ujung Tanduk, Militer Israel Siaga

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 04:01 WIB
loading...
A A A
Menurut laporan, Beirut menolak untuk mengakui batas yang ditandai dengan pelampung Israel, yang secara sepihak ditempatkan Tel Aviv lima km di lepas pantai kota utara Rosh Hanikra pada tahun 2000, sebagai perbatasan internasional.

Lebanon dilaporkan menentang gagasan demarkasi perbatasan darat sebagai bagian dari kesepakatan, mendesak agar masalah tersebut dicadangkan untuk diskusi dengan PBB, antara lain.

Meskipun rincian lengkap dari rancangan kesepakatan belum dipublikasikan, dikatakan memungkinkan Beirut untuk menikmati manfaat ekonomi dari wilayah utara wilayah yang disengketakan yang dikenal sebagai Jalur 23, termasuk ladang gas Qana, sementara Israel akan tetap mengendalikan ladang gas Karish.

Pada hari Kamis, Perdana Menteri sementara Lebanon Najib Mikati memberi kesan kesepakatan perbatasan laut dengan Israel akan menggagalkan perang di Timur Tengah.



Lebanon dan Israel tidak memiliki hubungan diplomatik dan memandang satu sama lain sebagai negara musuh, setelah terakhir berperang pada tahun 2006. Meskipun demikian, kedua belah pihak telah terlibat dalam pembicaraan tidak langsung yang ditengahi oleh AS selama hampir dua tahun untuk menyelesaikan sengketa perbatasan laut. Kedua negara mengklaim bahwa wilayah segitiga Laut Mediterania, yang diyakini kaya akan sumber daya energi, terletak di dalam wilayah perairan masing-masing.

Perselisihan perbatasan laut dapat ditelusuri kembali ke 2012, ketika Lebanon menolak proposal Amerika, di mana Beirut akan mendapatkan 550 km persegi - hampir dua pertiga dari wilayah tersebut - sementara Tel Aviv akan memperoleh sepertiga sisanya.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1930 seconds (0.1#10.140)