Terbang di Atas Swedia, 4 Pesawat Tempur Rusia Dicegat Jet Tempur Italia

Kamis, 06 Oktober 2022 - 03:14 WIB
loading...
Terbang di Atas Swedia, 4 Pesawat Tempur Rusia Dicegat Jet Tempur Italia
Jet tempur Eurofighter Italia mencegat pesawat tempur Rusia yang terbang di atas Swedia. Foto/Ilustrasi
A A A
ROMA - Jet tempur Italia langsung terbang merespons empat pesawat tempur Rusia yang memasuki wilayah udara Eropa pada Rabu waktu setempat. Hal itu diungkapkan angkatan udara Italia.

Halaman Twitter Angkatan Udara Italia (Aeronautica Militare) membagikan gambar dua pesawat Italia.

"#Scramble, baru lepas landas langsung untuk (jet tempur) Eurofighter Italia yang terlibat dalam kegiatan Pemolisian Udara di Polandia untuk mencegat 4 pesawat tempur Rusia yang telah memengaruhi wilayah udara Polandia dan Swedia sebelum dipaksa memasuki kembali wilayah udara Kaliningrad," tulis laman tersebut di Twitter seperti dikutip dari Newsweek, Kamis (6/10/2022).

Halaman tersebut men-tweet gambar lanjutan yang menunjukkan pesawat Italia lainnya lepas landas. Ini juga mengklarifikasi bahwa pesawat Rusia pertama kali memasuki wilayah udara Polandia dan kemudian wilayah udara Swedia.

Insiden ini terjadi di tengah ketegangan tingkat tinggi antara Rusia dengan Barat dan Ukraina, terutama setelah kampanye serangan balik Kiev sukses membawa keberhasilan militer yang signifikan.

Situasi semakin menegangkan setelah Presiden Rusia Vladimir Putin baru-baru ini mengancam akan menggunakan senjata nuklir jika negaranya harus mempertahankan diri dari serangan.

Baca: Kapal Induk Tercanggih AS Menuju Atlantik, Unjuk Kekuatan dengan NATO

Matthias Eichenlaub, seorang petugas pers NATO, mengatakan kepada Newsweek bahwa Italia memiliki jet yang ditugaskan untuk misi kepolisian udara aliansi di wilayah Baltik. Dia juga mengatakan bahwa pesawat NATO di wilayah ini secara teratur mencegat pesawat militer Rusia yang tidak mengikuti aturan keselamatan udara internasional.

Jumat lalu, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menyatakan dukungan untuk Ukraina dalam upayanya untuk mengambil kembali wilayah yang dikuasai oleh pasukan Rusia.

"Ukraina tentu saja memiliki hak untuk merebut kembali wilayah Ukraina yang sekarang diduduki oleh pasukan Rusia. Itulah alasan mengapa kami mendukung mereka," katanya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1735 seconds (11.97#12.26)