Negara yang Pernah Mengalahkan Rusia dalam Peperangan

Rabu, 05 Oktober 2022 - 22:05 WIB
loading...
Negara yang Pernah Mengalahkan Rusia dalam Peperangan
Negara yang Pernah Mengalahkan Rusia dalam Peperangan. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Pada Februari 2022, Rusia menyatakan perang dengan Ukraina . Bukan hanya Ukraina, banyak negara lainnya yang merasakan dampak akibat peperangan tersebut.

Meski belum sepenuhnya berakhir, Ukraina berhasil merebut kembali 80% wilayah yang telah diduduki Rusia. Dalam catatan sejarah, Rusia pernah dikalahkan negara lain. Berikut negara yang pernah mengalahkan Rusia dalam peperangan.



1. Jepang
Salah satu negara kuat di Asia, Jepang, menyatakan perang terhadap Rusia pada 8 Februari 1904. Sebelumnya, Jepang telah menyadari pengaruh Rusia saat Perang Sino Jepang I tahun 1895, di mana Rusia memberikan bantuan militer kepada China.

Karena itu, Jepang menawarkan kesepakatan dengan memberikan wilayah Manchuria, sementara Jepang memegang kendali atas Korea. Namun Rusia menolaknya. Akhirnya, Jepang menyerang Port Arthur, yang menjadi pangkalan operasi Angkatan Laut Rusia di wilayah Semenanjung Liaodong, setelah menyatakan perang.

Serangan torpedo Jepang berhasil membuat kapal terkuat Rusia, yakni Tsesarevich, Retvizan, dan Pallada, rusak berat. Rusia balas menyerang dan merusakkan dua kapal Jepang. Perang terus berlangsung hingga tahun berikutnya. Armada bantuan yang didatangkan Rusia berhasil dipukul mundur Jepang.

Dalam perang ini, Rusia banyak mengalami kekalahan. Kerugian di pihak Rusia juga lebih besar dibandingkan Jepang. Akhirnya, dengan mediasi Presiden Amerika Serikat Theodore Roosevelt, kedua negara sepakat berdamai melalui Perjanjian Portsmouth pada 5 September 1905. Kekalahan Rusia dalam peperangan ini membuat Eropa mengakui kekuatan Asia, dalam hal ini Jepang, tidak dapat diremehkan.



2. Mongol
Pada awal abad ke-13, pasukan Kekaisaran Mongol melakukan invasi dan merebut kota-kota di Rus (Rusia kuno), seperti Ryazan, Kolomna, Moskow, Vladimir, dan Tver. Invasi tersebut berlanjut hingga tahun 1242 dan menjadi pukulan telak bagi tanah Rusia. Beberapa kota yang menjadi target Mongol di antaranya yaitu Kiev, Chernigov, dan Halych. Tunduk kepada Mongol, Rusia terpaksa membayar upeti.

Rusia yang terpecah belah, tidak mampu menghadapi invasi dari kekuatan Asia tersebut. Satu per satu, kerajaan-kerajaan di Rusia jatuh di bawah kekuasaan Mongol. Penaklukan Mongol ini disertai dengan aksi penjarahan secara brutal, penghancuran serta pemusnahan sebagian besar penduduk. Setelah berhasil menaklukkan Rusia, Mongol pecah menjadi kekhanan terpisah. Salah satunya adalah Golden Horde, yang mengambil kendali tanah Rusia.

*diolah dari berbagai sumber
Russo-Japanese War: Dates & Treaty of Portsmouth - HISTORY - HISTORY
https://id.rbth.com/sejarah/82772-invasi-mongol-dan-terbentuknya-rusia-gyx
5 worst military defeats in Russian history - Russia Beyond (rbth.com)
https://www-rbth-com.translate.goog/history/331602-which-countries-have-conquered-russia?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=sc
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1654 seconds (0.1#10.140)