2 Alasan Israel Memakai Bom Fosfor untuk Menyerang Palestina

Selasa, 04 Oktober 2022 - 16:44 WIB
loading...
2 Alasan Israel Memakai Bom Fosfor untuk Menyerang Palestina
Israel menyerang sekolah yang dikelola UNRWA di Beit Lahia, Gaza, dengan bom fosfor putih yang dipasok Amerika Serikat selama Operasi Cast Lead, 17 Januari 2009. Foto/Iyad El-Baba/UNRWA
A A A
TEL AVIV - Israel tercatat sempat menggunakan bom fosfor saat menyerang warga sipil Palestina dan Lebanon.

Dilansir dari The Guardian, senjata fosfor putih (WP) tidak dilarang oleh hukum internasional namun beberapa kelompok hak asasi manusia (HAM) percaya senjata itu harus diklasifikasikan kembali sebagai senjata kimia dan dilarang.

Organisasi hak asasi manusia bahkan mengutuk penggunaan fosfor putih oleh Israel selama konflik Gaza karena efeknya yang sangat berbahaya bagi warga sipil.

Hukum Internasional juga telah membatasi penggunaan fosfor putih selama perang.

Penggunaan senjata bom fosfor oleh Israel ini diduga karena mereka memiliki alasan tertentu. Karena itulah negara yahudi ini kerap menggunakannya dalam perang.

Berikut 2 alasan Israel memakai bom fosfor:

1. Menutupi Pergerakan Pasukan

Pada saat menyerang Palestina, Israel kerap menggunakan bom fosfor di tepi daerah berpenduduk, mungkin sebagai penghalang untuk menutupi pergerakan pasukan musuh.

Pada dasarnya bom fosfor ini berfungsi untuk menandai target musuh dan menghasilkan asap untuk menyembunyikan pergerakan pasukan.

Namun dalam beberapa kasus seperti di desa Siyafa dekat Beit Lahiya dan desa Khuza'a di sebelah timur Khan Yunis, sejumlah besar fosfor putih mendarat hingga beberapa ratus meter di dalam daerah permukiman, lalu menewaskan enam warga sipil dan melukai puluhan orang lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0962 seconds (0.1#10.140)