Ukraina Klaim Tembak Jatuh 4 Jet Tempur Rusia dalam Sehari

Senin, 26 September 2022 - 08:06 WIB
loading...
Ukraina Klaim Tembak Jatuh 4 Jet Tempur Rusia dalam Sehari
Militer Ukraina klaim tembak jatuh empat jet tempur Rusia dalam sehari. Foto/Twitter @DefenceU
A A A
KIEV - Militer Ukraina mengeklaim telah menembak jatuh empat jet tempur Rusia hanya dalam satu hari.

Klaim itu disampaikan Kementerian Pertahanan Ukraina dalam pengumumannya Sabtu pekan lalu. Empat jet tempur Moskow yang ditembak jatuh adalah dua jet tempur Su-30, satu pesawat Su-25 dan satu pesawat Su-34.

"Hari ini adalah hari yang baik untuk #UAarmy dan hari yang buruk untuk penerbangan Rusia. Su-25, dua Su-30, dan Su-34," kata kementerian tersebut dalam pengumuman di Twitter dengan menyisipkan ujaran kasar, seperti dikutip Newsweek, Senin (26/9/2022).

Baca juga: Zelensky Plinplan, Sekarang Percaya Putin Bisa Nekat Gunakan Senjata Nuklir

Sejak Rusia melancarkan invasi pada Februari lalu, diperkirakan negara tersebut telah kehilangan puluhan ribu peralatan militer.

Ukraina mengeklaim telah menghancurkan atau merebut lebih dari 259 jet militer, 2.275 tank, 4.832 kendaraan tempur lapis baja, dan 3.701 kapal perang dan boat sejak 24 Februari.

Sementara itu, Komando Pasukan Serangan Lintas Udara Angkatan Bersenjata Ukraina membagikan video sebuah pesawat yang jatuh dari langit di halaman Facebook-nya pada hari Sabtu.

Video tersebut menunjukkan sebuah jet tempur dengan api yang keluar dari bagian belakang terus kehilangan ketinggian terbang.

"Di area misi, prajurit unit 25 pertahanan udara Brigade Lintas Udara Sicheslav dari Pasukan Serangan Lintas Udara Angkatan Bersenjata Ukraina menembak jatuh dua pesawat Rusia—sebuah pesawat serang lapis baja Su-25 dan pesawat tempur multiguna generasi keempat Su-30," kata komando tersebut dalam posting-nya.

"Kematian bagi penjajah Rusia. Bersama menuju kemenangan. Kemuliaan bagi Ukraina," lanjut komando tersebut.

Tak mau kalah, Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Minggu mengumumkan bahwa jet tempur Moskow telah menembak jatuh dua pesawat tempur MiG-29 Ukraina yang dimodifikasi untuk menembakkan senjata anti-radar buatan Amerika Serikat.
(min)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1778 seconds (11.210#12.26)