Unjuk Rasa Besar-besaran Guncang Brussels, Kecam Biaya Hidup Tinggi

Kamis, 22 September 2022 - 13:01 WIB
loading...
Unjuk Rasa Besar-besaran Guncang Brussels, Kecam Biaya Hidup Tinggi
Demonstran memadati jalanan Brussels, Belgia. Foto/euronews
A A A
BRUSSELS - Lebih dari 10.000 demonstran turun ke jalan-jalan di Brussels pada Rabu untuk "hari aksi nasional" untuk menuntut upah yang lebih tinggi dan harga energi yang lebih rendah.

Menurut polisi, lebih dari 10.000 orang turun ke ibu kota Belgia saat terungkap sekitar 64% warga negara itu takut mereka tidak dapat membayar berbagai tagihan.

Demonstrasi diorganisir serikat pekerja Belgia, yang mengklaim tagihan energi rata-rata untuk keluarga di negara itu telah meningkat tiga kali lipat menjadi lebih dari USD691 per bulan.



“Bukannya kami tidak ingin membayar, tetapi kami tidak dapat membayar,” ujar Thierry Bodson, ketua Federasi Buruh Umum Belgia, saat berbicara dengan ribuan aktivis serikat pekerja di Place de la Monnaie.

Sementara rata-rata keluarga Belgia hanya menghasilkan USD2.468 sebulan, Bodson menunjukkan "sama sekali tidak mungkin" bagi seseorang di bawah garis itu untuk membayar tagihan mereka.



Menyikapi rekomendasi pemerintah agar warga menggunakan lebih sedikit energi, Bodson mengatakan ini "tidak ada gunanya," karena sebagian besar orang Belgia telah mengambil semua langkah yang mungkin untuk menurunkan konsumsi energi mereka tetapi itu masih belum cukup.

Plakat yang terlihat di kerumunan membagikan sentimen Bodson dengan beberapa tulisan "Bekukan harga, bukan orang," dan "Semuanya naik kecuali upah kami."

Para pengunjuk rasa menuntut agar pihak berwenang Belgia berbuat lebih banyak untuk memerangi meroketnya harga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0919 seconds (0.1#10.140)