Putin Puji Hubungan Positif Rusia-Myanmar Saat Bertemu Pemimpin Junta

Rabu, 07 September 2022 - 21:38 WIB
loading...
Putin Puji Hubungan Positif Rusia-Myanmar Saat Bertemu Pemimpin Junta
Putin Puji Hubungan Positif Rusia-Myanmar Saat Bertemu Pemimpin Junta. FOTO/TASS
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin memuji hubungan "positif" dengan Myanmar . Hal itu diungkapkan Putin saat ia bertemu pemimpin junta Myanmar, Min Aung Hlaing di kota Vladivostok, timur jauh Rusia, Rabu (7/9/2022).

"Myanmar adalah mitra lama dan dapat diandalkan kami di Asia Tenggara. Hubungan kami berkembang secara positif," kata Putin dalam pertemuan di sela-sela Forum Ekonomi Timur, seperti dikutip dari AFP.



Kunjungan Min Aung Hlaing dilakukan saat kedua pemerintah menghadapi isolasi diplomatik - Moskow untuk intervensi militer Februari di Ukraina pro-Barat, dan Naypyidaw untuk kudeta militer tahun lalu.

Ketika hubungan Moskow dengan Barat terurai di Ukraina, Kremlin berusaha untuk memutar negara itu ke Timur Tengah, Asia, dan Afrika.

"Saya sangat bangga dengan Anda, karena ketika Anda berkuasa di negara ini, Rusia, bisa dikatakan, menjadi No 1 di dunia," kata Min Aung Hlaing kepada Putin, seperti dikutip dari pernyataan Kremlin.

"Kami akan menyebut Anda bukan hanya pemimpin Rusia, tetapi juga pemimpin dunia karena Anda mengendalikan dan mengatur stabilitas di seluruh dunia," katanya.



Junta Myanmar dalam sebuah pernyataan menyebut kedua pemimpin "bersahabat dan terbuka" membahas kerja sama dan bertukar pandangan tentang hubungan dan situasi internasional.

Sejak kudeta yang menggulingkan pemerintah sipil Aung San Suu Kyi pada Februari tahun lalu, Myanmar menghadapi sanksi Barat dan penurunan hubungan. Myanmar berada dalam kekacauan dan ekonominya lumpuh saat rezim militer berjuang untuk menghancurkan perlawanan.

Rusia dan sekutunya China telah dituduh mempersenjatai junta Myanmar dengan senjata yang digunakan untuk menyerang warga sipil sejak kudeta. Lebih dari 2.200 orang tewas dalam tindakan keras itu, menurut pemantau lokal.

Selama perjalanan ke Naypyidaw pada awal Agustus, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mendukung upaya junta untuk "menstabilkan" negara dan mengadakan pemilihan nasional tahun depan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1636 seconds (0.1#10.140)