Rusia Setop Suplai, Ini 3 Negara yang Harga Gasnya Naik

Rabu, 07 September 2022 - 21:02 WIB
loading...
Rusia Setop Suplai, Ini 3 Negara yang Harga Gasnya Naik
Rusia Setop Suplai, Ini 3 Negara yang Harga Gasnya Naik. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Invasi Rusia ke Ukraina semakin menggelapkan prospek pertumbuhan global, dengan ekonomi Eropa menghadapi kemunduran yang serius, mengingat hubungan perdagangan, investasi, dan keuangan dengan negara-negara yang bertikai.

Eropa mengalami pemutusan sebagian ekspor gas alam dari rusia, yang selama ini menjadi pemasok energi terbesarnya. Jika kendala fisik menghambat aliran gas, pendekatan pasar yang terfragmentasi menunjukkan bahwa dampak negatif pada ekonomi akan sangat signifikan, sebanyak 6% untuk beberapa negara di Eropa Tengah dan Timur dimana intensitas penggunakaan gas Rusia tinggi dan pasokan alternative terbatas.



Terutama Hongaria, Republik Slovakia dan Republik Ceko. Italia juga akan menghadapi dampak yang signifikan karena ketergantugan yang tinggi pada gas dalam produksi listrik. Efeknya bagi Austria dan Jerman tidak terlalu parah dan masih signifikan, tergantung pada persediaan sumber alternatif dan keperluan untuk menurunkan konsumsi gas rumah tangga.

Pada saat yang sama, semakin banyak produsen Inggris mengatakan bahwa mereka telah memotong produksi atau membuat PHK sebagai akibat langsung dari tagihan energi yang “tidak terkendali”.

Rusia telah memperingatkan negara-negara Barat atas keputusuannya untuk tidak membuka kembali pipa Nord Stream 1 setelah ditutup selama tiga hari untuk pemeliharaan. Harga gas melonjak naik pada Senin karena meningkatnya kekhawatiran atas pasokan energi.

Harga gas grosir di belanda naik sebanyak 30% pada awal perdagangan pada hari senin. Harga di Inggris naik sebanyak 35% sebelum kembali ke USD4.50 per term. Banyak pengamat mengingatkan bahwa Eropa, yang telah naik hampir 400% selama setahun terakhir karena aliran gas yang lebih rendah dari Rusia, akan naik lebih jauh ketika pasar dibuka setelah Moskow membatalkan tenggat waktu untuk melanjutkan aliran melalui Nord Stream 1 pipa ke Jerman.



Berikut ini ada beberapa negara Eropa yang harga gasnya naik drastis karena Rusia berhenti suplai gas, diantaranya:

1. Polandia
Polandia merupakan negara anggota NATO dan UE. Rusia memutus pasokan gas ke negara Eropa sejak menginvasi Ikraina februari lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1465 seconds (0.1#10.140)