Kepala NATO Soroti Kepentingan Rusia dan China di Kutub Utara

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 21:40 WIB
loading...
Kepala NATO Soroti Kepentingan Rusia dan China di Kutub Utara
Kepala NATO Soroti Kepentingan Rusia dan China di Kutub Utara. FOTO/Reuters
A A A
TORONTO - Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg memperingatkan tentang pembangunan militer Rusia di Kutub Utara dan minat China yang meningkat di bagian dunia itu.

Selama kunjungan ke utara Kanada, Stoltenberg mengatakan, jalur terpendek ke Amerika Utara untuk rudal dan pembom Rusia adalah di Kutub Utara. Dia mengatakan, Rusia telah membentuk Komando Arktik baru dan telah membuka ratusan situs militer Arktik baru dan bekas era Soviet, termasuk lapangan terbang dan pelabuhan laut dalam.



“Kami melihat pembangunan militer Rusia yang signifikan dengan pangkalan baru, sistem senjata baru, dan juga menggunakan High North sebagai tempat uji coba untuk senjata paling canggih mereka, termasuk rudal hipersonik,” kata Stoltenberg di pangkalan militer Kanada di Cold Lake, Alberta, Jumat (26/8/2022), seperti dikutip dari AP.

Stoltenberg juga mencatat China telah menyatakan dirinya sebagai negara "dekat Arktik". Dia mengatakan, Beijing berencana untuk membangun pemecah es terbesar di dunia dan menghabiskan puluhan miliar dolar untuk energi, infrastruktur, dan proyek penelitian di utara.

“Beijing dan Moskow juga telah berjanji untuk mengintensifkan kerja sama praktis di Kutub Utara. Ini merupakan bagian dari kemitraan strategis yang mendalam yang menantang nilai dan kepentingan kami,” kata Stoltenberg.



Dia juga mencatat perubahan iklim membuat Arktik lebih mudah diakses oleh militer dan menyambut baik pengumuman Kanada baru-baru ini, bahwa itu akan meningkatkan pengeluarannya untuk pertahanan.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, yang menemani Stoltenberg, memamerkan beberapa pengeluaran dan kegiatan yang dilakukan Kanada di utara. Itu termasuk janji untuk mengalokasikan miliaran dolar untuk peralatan dan kemampuan militer baru, termasuk rencana untuk membeli jet tempur baru dan memodernisasi sistem peringatan dini NORAD Amerika Utara dengan Washington.

“Keputusan Rusia yang bernasib buruk dan tidak dapat dibenarkan untuk menjungkirbalikkan hampir 70 tahun perdamaian dan stabilitas tatanan berbasis aturan dengan menyerang tetangga yang damai, telah mengubah cara kita perlu melihat Arktik,” kata Trudeau, menyinggung Serangan Rusia ke Ukraina.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1387 seconds (0.1#10.140)