Paus Fransiskus Kena Marah Ukraina, Utusan Vatikan Dipanggil Kiev

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 20:35 WIB
loading...
Paus Fransiskus Kena Marah Ukraina, Utusan Vatikan Dipanggil Kiev
Paus Fransiskus mengikuti pertemuan di Vatikan pada 24 Agustus 2022. Foto/REUTERS
A A A
KIEV - Kali ini Paus Fransiskus menjadi sasaran kemarahan pemerintah Ukraina. Kiev telah memanggil perwakilan Vatikan di Ukraina untuk mengajukan protes resmi atas pernyataan Paus awal pekan ini.

Saat itu, Paus Fransiskus berkomentar tentang pembunuhan seorang jurnalis Rusia di Moskow.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Ukraina Dmitry Kuleba mengatakan dalam jumpa pers pada Kamis (25/8/2022) bahwa Uskup Agung Visvaldas Kulbokas telah mengunjungi Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Ukraina pada hari sebelumnya.

Kiev “kecewa” dengan pernyataan yang dibuat Paus dalam menanggapi pembunuhan Darya Dugina, seorang jurnalis dan komentator politik Rusia.



Dia terbunuh oleh bom yang dipasang di mobilnya. Moskow mengidentifikasi seorang wanita Ukraina sebagai tersangka utama dan menuduh Kiev mendalangi pembunuhan itu, tetapi Kiev membantah terlibat.

Paus Fransiskus menyebut Dugina sebagai "gadis malang" dan menyesalkan konflik Rusia-Ukraina merenggut nyawa warga tak berdosa di kedua sisi.

Sebagai tanggapan, Kiev mengklaim pemimpin Gereja Katolik Roma itu telah membuat persamaan yang salah antara “penyerang dan korban.”



Kementerian Luar Negeri Ukraina mengatakan tidak dapat memahami mengapa Paus menyebutkan kematian “seorang warga negara Rusia di wilayah Rusia yang tidak ada hubungannya dengan Ukraina.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1665 seconds (0.1#10.140)