Canberra Patut Waswas, Pulau Dekat Australia Ini Bisa Dijual ke China

Kamis, 25 Agustus 2022 - 04:41 WIB
loading...
Canberra Patut Waswas, Pulau Dekat Australia Ini Bisa Dijual ke China
Pulau Konflik. Foto/maritime executive
A A A
CANBERRA - Australia melakukan banyak hal untuk menantang China tanpa membeli Kepulauan Konflik. Hal itu diungkapkan Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, kepada media lokal.

Pulau-pulau, yang pemiliknya saat ini telah mengancam akan menjualnya ke Beijing, terdiri dari 21 atol karang yang terletak di lepas pantai timur Australia antara Papua Nugini dan Kepulauan Solomon.

Memperhatikan bahwa Pulau Konflik hanya beberapa dari lebih dari 500 pulau di daerah itu, Albanese berpendapat bahwa pembayar pajak Australia tidak dalam posisi untuk membeli semuanya hanya agar China tidak menguasai salah satu dari mereka.

Plus, itu akan menjadi preseden yang mengerikan.



"Jika penjual aset datang melalui media (untuk) mengatakan, 'Saya ingin Australia membeli ini atau ada implikasinya, kami akan menjualnya ke China', pikirkan di mana itu berakhir, dalam hal pembayar pajak," katanya seperti dikutip dari Russia Today, Kamis (25/8/2022).

Pemilik pulau saat ini, pensiunan pengusaha Ian Gowrie-Smith, telah mengirim email kepada Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong pada bulan Juni dengan tawaran untuk menjualnya seharga USD25 juta atau sekitar Rp370 miliar.

Ia menunjukkan terletak strategis di dekat salah satu jalur pelayaran utama Australia dan tiga kabel data besar yang membawa data Australia di sepanjang dasar laut, Kepulauan Konflik menimbulkan kepentingan keamanan nasional tambahan mengingat penandatanganan pakta keamanan Kepulauan Solomon baru-baru ini dengan China.

Gowrie-Smith memperingatkan bahwa jika dia tidak menerima tanggapan, dia akan menjualnya ke Beijing.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1756 seconds (0.1#10.140)