Erdogan: Hubungan Ankara-Israel Tak Akan Lemahkan Dukungan untuk Palestina

Rabu, 24 Agustus 2022 - 11:21 WIB
loading...
Erdogan: Hubungan Ankara-Israel Tak Akan Lemahkan Dukungan untuk Palestina
Erdogan: Hubungan Ankara-Israel Tak Akan Lemahkan Dukungan untuk Palestina. FOTO/Reuters
A A A
ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, langkah-langkah untuk menormalkan hubungan Ankara dengan Israel tidak akan melemahkan dukungan negara itu untuk Palestina dalam konflik antara kedua belah pihak.

Pernyataan Erdogan datang ketika dia bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Selasa (23/8/2022), sebagai bagian dari kunjungan resmi terakhir ke ibu kota Turki, Ankara.

Baca: Pertama Kali, 43 Warga Palestina Terbang ke Siprus dari Bandara Israel

Kunjungan tiga hari Abbas dilakukan saat Turki dan Israel mengambil langkah untuk menormalkan hubungan. Pekan lalu, Turki dan Israel mengatakan mereka akan mengangkat kembali Duta Besar, empat tahun setelah mereka diusir karena pembunuhan 60 warga Palestina oleh pasukan Israel selama protes di Gaza terhadap pembukaan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Yerusalem.

Erdogan mengatakan pada konferensi pers bersama, bahwa Ankara melanjutkan solidaritas lama dengan Palestina dengan cara yang paling kuat. Menurutnya, Turki, yang telah mengakui negara Palestina sejak diproklamasikan, membela visi solusi dua negara di setiap platform.

“Kami telah dengan jelas menunjukkan tanggapan kami terhadap serangan Israel dan korban sipil,” katanya, seperti dikutip dari Al Jazeera.

Erdogan telah menjadi pendukung kuat perjuangan Palestina yang telah mencap Israel sebagai "negara teroris".

Baca: Pemimpin Katolik Yerusalem: Rakyat Palestina Merasa Ditinggalkan Komunitas Internasional

Erdogan juga mengatakan bahwa otoritas Palestina, termasuk faksi politik yang berbeda, menyambut normalisasi hubungan antara Turki dan Israel dan bahwa mereka ingin dialog berlanjut.

“Sebaliknya, saudara-saudara Palestina kami juga menyatakan bahwa langkah-langkah ini akan berkontribusi pada solusi masalah Palestina dan perbaikan situasi rakyat Palestina,” kata Erdogan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2006 seconds (11.210#12.26)