Terungkap, Biden Tolak Permintaan Jinping Cegah Pelosi Sambangi Taiwan

Minggu, 21 Agustus 2022 - 11:19 WIB
loading...
Terungkap, Biden Tolak Permintaan Jinping Cegah Pelosi Sambangi Taiwan
Terungkap, Presiden AS Jeo Biden menolak permintaan Presiden China Xi Jinping untuk mencegah Ketua DPR Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan saat keduanya berbicara via telepon. Foto/Japan Times
A A A
WASHINGTON - Presiden China Xi Jinping ternyata pernah meminta Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden untuk mencegah Ketua DPR Nancy Pelosi mengunjungi Taiwan . Demikian laporan Washington Post pada Sabtu ini.

Meskipun Biden bersikeras bahwa Pelosi berhak melakukan perjalanan sesuai keinginannya, para pejabat AS dilaporkan khawatir akan memusuhi China.

Jinping dan Biden berbicara melalui telepon akhir bulan lalu, beberapa hari sebelum Pelosi mendarat di Taiwan. Menurut pembacaan panggilan telepon China pada saat itu, Xi memperingatkan Biden untuk tidak “bermain dengan api” karena Beijing memandang kunjungan itu sebagai keberanian untuk kemerdekaan Taiwan.

Menurut sumber Washington Post, Jinping secara langsung meminta Biden untuk tidak mengizinkan perjalanan dilanjutkan, sebuah pernyataan yang sebelumnya tidak diakui oleh kedua belah pihak.



"Namun, Biden bersikeras bahwa dia tidak dapat memenuhinya, menjelaskan bahwa Kongres adalah cabang pemerintah yang independen dan Pelosi, seperti halnya anggota Kongres lainnya, akan membuat keputusannya sendiri tentang perjalanan ke luar negeri,” lapor surat kabar itu yang dinukil Russia Today, Minggu (21/8/2022).

Karena Pelosi adalah anggota partai politik yang sama dengan Biden dan berada di urutan kedua dalam suksesi presiden, China menganggap kunjungan itu sebagai dukungan diam-diam Washington atas kemerdekaan Taiwan, yang melanggar prinsip 'Satu China'. Di bawah prinsip ini, AS sejak tahun 1970-an mengakui, tetapi tidak mendukung, kedaulatan China atas Taiwan.

Dalam pernyataan publiknya, Biden tidak secara langsung mendukung atau menentang perjalanan Pelosi. Sebaliknya, dia mengatakan kepada wartawan bahwa pejabat militer AS menganggap perjalanan itu “bukan ide yang baik.”

Washington Post melaporkan ketika Biden menghindari komentar, para pembantunya menyimpan keprihatinan mendalam tentang perjalanan itu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)