Drama Pengepungan Mematikan 30 Jam Hotel Somalia Berakhir

Minggu, 21 Agustus 2022 - 07:04 WIB
loading...
Drama Pengepungan Mematikan 30 Jam Hotel Somalia Berakhir
Militer Somalia mengklaim pengepungan mematikan selama 30 jam terhadap hotel Hayat di Mogadishu berakhira. Foto/Reuters
A A A
MOGADISHU - Pasukan Somalia mengklaim telah mengalahkan gerilyawan yang menyerbu sebuah hotel di Ibu Kota Mogadishu setelah pengepungan berdarah. Setidaknya 12 orang tewas dalam cobaan mematikan selama 30 jam, meskipun media lokal melaporkan jumlah korban tewas bisa lebih tinggi.

Para penyerang menggunakan bahan peledak untuk masuk ke Hotel Hayat Mogadishu pada hari Jumat sebelum dengan kekerasan mengambil kendali dan menyandera para tamu semalaman.

Kelompok ekstremis Islam al-Shabab mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

"Pasukan keamanan telah mengakhiri pengepungan sekarang dan orang-orang bersenjata itu tewas, kami tidak mendapat tembakan masuk dari gedung dalam satu jam terakhir," kata seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya kepada kantor berita AFP seperti dikutip dari BBC, Minggu (21/8/2022).

Sebagian besar hotel telah hancur setelah pemboman intens oleh pasukan keamanan sepanjang Jumat malam dan Sabtu, dengan video yang menunjukkan ledakan serta asap mengepul dari atap gedung.



BBC belum dapat mengkonfirmasi secara independen apakah serangan itu telah berakhir.

Seorang petugas polisi mengatakan kepada Reuters bahwa dua bom mobil telah digunakan untuk mendapatkan akses ke hotel pada Jumat malam - menargetkan penghalang di depan dan gerbang hotel.

Setelah serangan awal, sebuah situs web yang berafiliasi dengan al-Shabab mengatakan sekelompok gerilyawan melakukan penembakan acak setelah secara paksa memasuki hotel yang digambarkan sebagai lokasi populer bagi karyawan pemerintah federal untuk bertemu.

"Sejauh ini, kami telah mengkonfirmasi 12 orang, kebanyakan warga sipil, tewas," kata Mohammed, seorang perwira intelijen, kepada kantor berita Reuters, Sabtu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1917 seconds (0.1#10.140)