Presiden Mesir Lakukan Reshuffle Kabinet, Angkat 13 Menteri Baru

Minggu, 14 Agustus 2022 - 17:44 WIB
loading...
Presiden Mesir Lakukan Reshuffle Kabinet, Angkat 13 Menteri Baru
Ilustrasi
A A A
KAIRO - Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi mengumumkan perombakan kabinet pada Sabtu (13/8/2022). Menurut situs web kepresidenan Mesir, langkah ini diambil untuk meningkatkan kinerja pemerintah.

Al-Sisi mengatakan, dia meminta parlemen untuk bersidang pada hari Sabtu untuk membahas perubahan beberapa portofolio menteri. Ia menambahkan bahwa perubahan telah disepakati setelah berkonsultasi dengan perdana menteri.

Baca: Sumber Keamanan Mesir: Israel-Militan Palestina Setujui Gencatan Senjata

“Ini dalam rangka meningkatkan kinerja pemerintah terhadap sejumlah isu penting di dalam dan luar negeri yang berkontribusi dalam melindungi kepentingan dan kemampuan negara serta secara langsung meningkatkan pelayanan yang ditawarkan kepada warga,” kata al-Sisi, seperti dikutip dari Al Arabiya.

Perombakan kabinet berdampak pada 13 portofolio yang meliputi Kementerian Pariwisata, Kesehatan, Pendidikan, Kebudayaan, Pembangunan daerah, Imigrasi, dan Irigasi.

Adapun profil para menteri yang masuk dalam perombakan tersebut adalah sebagai berikut. Menteri Kesehatan & Kependudukan Khaled Abdel-Ghaffar, sebelumnya Menteri Pendidikan Tinggi dan Pj Menteri Kesehatan. Dia memegang banyak posisi akademis di dalam dan luar negeri termasuk profesor tamu di University of Virginia.

Menteri Pendidikan Tinggi Mohamed Ayman Ashour, sebelumnya Wakil Menteri Pendidikan Tinggi untuk Urusan Universitas. Menteri Pendidikan & Pendidikan Teknik Reda Hegazy yang mengawali karir sebagai guru Kimia, adalah Wakil Menteri Pendidikan Bidang Keguruan.

Baca: Pengadilan Mesir Minta Eksekusi Mati Pembunuh Mahasiswi Secara Brutal Disiarkan Langsung

Lalu Menteri Sumber Daya Air & Irigasi Hany Sweilam saat ini adalah profesor Pembangunan Berkelanjutan di Universitas Amerika di Kairo. Menteri Pariwisata dan Purbakala Ahmed Eissa Taha pernah menjadi direktur eksekutif sektor perdagangan ritel di bank swasta terbesar Mesir, Commercial International Bank.

Menteri Perdagangan & Perindustrian Ahmed Samir Saleh, telah menjabat sebagai anggota parlemen selama tujuh tahun dan terakhir menjabat sebagai Ketua Komite Urusan Ekonomi di DPR. Mayor Jenderal Hesham Amna menduduki jabatan Menteri Pembangunan Lokal, menggantikan Mayor Jenderal Mahmoud Shaarawi.

Marsekal Udara Mohamed Abbas Hashem, komandan Angkatan Udara ditugaskan ke Kementerian Penerbangan Sipil. Mahmoud Esmat Menteri BUMN yang baru sebelumnya menjabat sebagai Ketua Dewan Direksi Perusahaan Induk Bandara.
(esn)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1905 seconds (11.97#12.26)