Jet Tempur Ukraina yang Dipakai Melawan Rusia

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 18:30 WIB
loading...
Jet Tempur Ukraina yang Dipakai Melawan Rusia
Jet Tempur Ukraina yang Dipakai Melawan Rusia. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Pertempuran Rusia-Ukraina masih terus berlangsung. Seluruh tenaga militer, persenjataan, hingga jet tempur dikerahkan. Berbagai jenis jet tempur diturunkan dalam medan perang. Dari yang tercepat hingga tercanggih, masing-masing pesawat ini mempunyai keunggulannya masing-masing.

Pada Senin lalu, muncul sebuah video di media sosial yang memperlihatkan pesawat tempur terbaru Ukraina, jet tempur MiG-29 Fulcrum, yang menjadi jet tempur tercanggih Ukraina. Selain jet tempur MiG-29 Fulcrum, Ukraina juga mempunyai beragam jenis jet tempur lainnya yang siap untuk berperang. Berikut jet tempur Ukraina yang digunakan dalam melawan Rusia.

Baca: Ukraina: Rusia Kehilangan 24 Jet Tempur Canggih Su-35, Beralih ke Pesawat Usang

1. Jet Tempur MiG-29MU2
Jet Tempur MiG-29MU2 berbeda dengan jet tempur MiG-29 lainnya. Dilansir dari The War Zone, pesawat ini mempunyai kemampuan amunisi yang presisi. Pesawat ini telah dilengkapi persenjataan, lengkap dengan radar pemandu R-27R dan empat rudal udara ke udara pencari panas R-73.
Pesawat ini merupakan pengembangan dari jet tempur MiG-29MU1 tetapi lebih berfokus pada kemampuan udara ke darat. Selain itu, terdapat peningkatan pada sistem senjata, radio, navigasi, dan tampilan kokpit.

2. Jet Tempur Su-27
Dilansir dari laman resmi TNI AU, jet tempur Su-27 merupakan pesawat tempur yang awalnya diproduksi oleh Uni Soviet dan dirancag oleh Biro Desain Sukhoi. Pesawat ini mempunyai jarak jangkau yang jauh, persenjataan yang berat, dan kelincahan yang tinggi. Jet tempur Su-27 sering dimiripkan dengan MiG-29 karena bentuknya yang mirip, namun tentunya kedua pesawat ini berbeda. Pesawat Su-27 dirancang sebagai pesawat interseptor dan pesawat tempur superioritas udara jarak jauh, sedangkan MiG-29 dirancang sebagai pesawat tempur jarak dekat.

Baca: Negara-negara Barat Berikan Bantuan Militer Rp22 Triliun kepada Ukraina

3. Jet Tempur Su-25
Jet Tempur Su-25 sering dijuluki sebagai tank terbang karena kemampuan tembakannya yang kuat. Dengan kelebihan itu, Su-25 dirancang untuk menyerang kendaraan lapis baja atau MBT (Main Battle Tank). Sama seperti pesawat Su-27, Su-25 juga merupakan pesawat buatan Uni Soviet.

Walaupun pesawat ini dibuat dari bahan utama yang umum, yaitu alumunium, tetapi badan jet tempur Su-25 dilapisi oleh baja khusus. Hal inilah yang membuat Su-25 memiliki tingkat ketahanan yang lebih tinggi. Selain itu, pesawat baja ini juga dilengkapi dengan pelat anti peluru pada kaca jendelanya. Desain yang berat ini membuat jet tempur Su-25 tidak bisa melakukan serangan cepat dan hanya bisa terbang pada kecepatan rendah.

4. Jet Tempur Su-24M Fencer
Sama seperti pesawat-pesawat sebelumnya, jet tempur Su-24 juga merupakan peninggalan Uni Soviet. Walaupun merupakan pesawat tipe lama, Su-27 masih aktif hingga sekarang. Secara fisik, Su-24 mirip dengan pesawat Amerika General Dynamics F-111. Jet Tempur Su-24M Fencer mempunyai kemampuan serangan presisi yang cepat dibanding MiG-29 Fulcrum dan Su-27.

Diansir dari Airforce Technology, Su-24M memiliki kecepatan maksimum 1.550 km/jam dengan jangkauan lebih dari 3.000 km. Pesawat ini dirancang untuk menembus wilayah musuh dan menghancurkan target di daratan dalam kondisi cuaca apa pun, baik siang maupun malam.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1406 seconds (10.101#12.26)