Sekjen PBB: Serangan Nuklir Rusia di Ukraina Mungkin Akan Bunuh Kita Semua

Selasa, 09 Agustus 2022 - 22:46 WIB
loading...
Sekjen PBB: Serangan Nuklir Rusia di Ukraina Mungkin Akan Bunuh Kita Semua
Sekjen PBB mengatakan serangan nuklir Rusia di Ukraina bisa merubah dunia jadi lautan api. Foto/Ilustrasi/Metro
A A A
TOKYO - Opsi yang banyak didiskusikan Rusia untuk menggunakan senjata nuklir di Ukraina akan menyebabkan dunia lautan api. Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres.

“Saya percaya bahwa jika senjata nuklir akan digunakan, mungkin tidak ada lagi yang dapat merespons PBB,” kata Guterres.

“Kita semua mungkin tidak berada di sini lagi,” imbuhnya seperti dikutip dari Washington Examiner, Selasa (9/8/2022).

Sekjen PBB memberikan penilaian itu saat bepergian ke Jepang untuk memperingati penggunaan bom atom oleh Amerika Serikat (AS) untuk menghancurkan Hiroshima selama Perang Dunia Kedua. Kecemasan internasional tentang potensi Kremlin menggunakan senjata pemusnah massal telah memburuk selama berbulan-bulan, karena AS dan negara-negara Eropa telah memperlengkapi pasukan Ukraina untuk menggagalkan tujuan utama invasi pasukan Rusia sambil mengurangi pengiriman senjata dalam upaya untuk menghindari pembalasan Rusia.

“Di Hiroshima, saya membuat dua permintaan konkret: Pertama, minta negara-negara bersenjata nuklir untuk berkomitmen tidak menggunakan senjata nuklir pertama kali dan meminta negara-negara bersenjata nuklir untuk tidak pernah menggunakan atau mengancam negara-negara non-nuklir dengan senjata nuklir. penggunaan senjata nuklir, dengan transparansi penuh sehubungan dengan persenjataan mereka,” papar Guterres.

“Saya berharap permintaan ini akan ditanggapi dengan serius karena kita menyaksikan radikalisasi dalam situasi geopolitik yang membuat risiko perang nuklir kembali menjadi sesuatu yang tidak dapat kita lupakan sepenuhnya,” imbaunya.

Guterres, yang baru saja menjadi perantara kesepakatan untuk memungkinkan dimulainya kembali pengiriman biji-bijian dari pelabuhan Ukraina yang diblokade, meragukan gagasan bahwa perjanjian terbatas ini dapat menyebabkan berakhirnya pertempuran.



“Hal yang sulit dalam kaitannya dengan gencatan senjata berasal dari fakta sederhana: Ukraina tidak dapat menerima situasi di mana wilayahnya diambil oleh negara lain, dan Federasi Rusia tampaknya tidak siap untuk menerima bahwa wilayah yang telah diambil pasukan Rusia akan tidak dianeksasi oleh Federasi Rusia atau memberi jalan kepada negara-negara merdeka baru,” tutur Guterres.

“Jadi kedua posisi ini, pada saat ini, tidak mungkin untuk berdamai,” cetusnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1761 seconds (0.1#10.140)