Libatkan Ribuan Tentara, Indonesia Latihan Perang Bersama AS Cs

Senin, 01 Agustus 2022 - 13:30 WIB
loading...
Libatkan Ribuan Tentara, Indonesia Latihan Perang Bersama AS Cs
Ketua Kepala Staf Gabungan AS Jenderal Mark Milley (kiri) bersama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Militer Indonesia mulai latihan perang Super Garuda Shield bersama AS, Singapura, Australia dan Jepang. Foto/VoA/Indra Yoga
A A A
JAKARTA - Ribuan tentara Indonesia dan Amerika Serikat (AS) memulai latihan perang gabungan selama dua minggu pada Senin (1/8/2022). Negara-negara sekutu Amerika; Australia, Singapura dan Jepang, juga akan bergabung.

Manuver gabungan ini bernama "Super Garuda Shield". Lokasi latihan perang berada di Sumatra bagian barat dan kepulauan Riau.

Menurut Washington, latihan perang gabungan ini bertujuan untuk memajukan kerja sama regional dalam mendukung kawasan Asia-Pasifik yang bebas dan terbuka.

AS dan sekutunya di Asia telah menyatakan keprihatinan yang berkembang tentang meningkatnya ketegasan China di Pasifik, tetapi Washington mengatakan manuver "Super Garuda Shield" tidak ditujukan terhadap negara mana pun.



Terlepas dari hal itu, latihan perang gabungan ini akan jauh lebih besar daripada latihan sebelumnya.

Setidaknya 4.000 tentara AS dan Indonesia akan bergabung dengan pasukan dari Australia, Singapura dan Jepang--yang berpartisipasi untuk pertama kalinya dalam latihan tahunan ini.

“Ini benar-benar latihan untuk membangun kepercayaan, membangun kebersamaan, saling pengertian, meningkatkan kemampuan dan hal-hal terkait lainnya,” kata Mayor Jenderal Stephen Smith, komandan pasukan AS yang berpartisipasi dalam manuver "Super Garuda Shield".

“Jadi ini benar-benar latihan militer dan bukan ancaman bagi pihak mana pun.”

Latihan digelar saat Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) AS Nancy Pelosi bersiap untuk memimpin kunjungan delegasi Kongres Amerika ke beberapa negara Asia di bawah bayang-bayang ketegangan diplomatik dengan China.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1011 seconds (0.1#10.140)