Tokoh China Ini Hapus Tweet yang Sarankan Tembak Jatuh Pesawat Pelosi

Minggu, 31 Juli 2022 - 09:44 WIB
loading...
Tokoh China Ini Hapus Tweet yang Sarankan Tembak Jatuh Pesawat Pelosi
Mantan pemimpin redaksi tabloid Global Times yang dikelola Partai Komunis China Hu Xijin. Foto/New York Post
A A A
BEIJING - Mantan pemimpin redaksi tabloid Global Times yang dikelola Partai Komunis China , Hu Xijin, telah menghapus tweetnya yang memicu kontroversi. Tweetnya memperingatkan pembalasan militer jika jet militer Amerika Serikat (AS) mengawal Ketua DPR Nancy Pelosi dalam kunjungannya ke Taiwan .

Namun, dia menghentikan tweet itu hanya setelah Twitter memblokir akunnya.

Sementara dia menghapus tweet tentang menembak jatuh Pelosi, Hu Xijin terus men-tweet komentar tentang perjalanan itu.

“Jika Pelosi benar-benar mengunjungi Taiwan seperti yang direncanakan, otoritas Tsai Ing-wen (Taiwan) adalah kaki tangan,” tulisnya.



“(China) daratan pasti akan melakukan tindakan hukuman berat di Taiwan pada saat yang bersamaan. Konsekuensi yang tak tertahankan akan jatuh pada otoritas Tsai,” sambungnya seperti dikutip dari New York Post, Minggu (31/7/2022).

Pelosi memulai perjalanan ke Asia pada Sabtu pagi, dengan sejumlah negara akan disinggahinya yaitu Singapura, Malaysia, Korea Selatan, dan Jepang.

Muncul spekulasi ia akan menyambangi Taiwan, yang menurut China adalah bagian dari wilayahnya dan bukan sebuah negara merdeka sehingga tidak memiliki hal untuk melakukan hubungan luar negeri.

Kedua negara berpisah pada tahun 1949 setelah perang saudara yang membuat Partai Komunitas mengambil alih daratan China.

Pelosi telah menolak untuk mengkonfirmasi laporan bahwa dia akan mengunjungi pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu. Jika kunjungan itu terjadi, dia akan menjadi pejabat terpilih Amerika dengan peringkat tertinggi yang mengunjungi Taiwan sejak 1997.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2034 seconds (0.1#10.140)