Daftar Rudal Canggih Milik Hizbullah

Kamis, 28 Juli 2022 - 21:28 WIB
loading...
Daftar Rudal Canggih Milik Hizbullah
Hizbullah Lebanon pamerkan rudal dalam parade militer di Beirut. Kelompok ini memiliki berbagai rudal canggih untuk melawan Israel. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Hizbullah merupakan sayap politik dan militer kelompok Syiah yang tumbuh cepat di Timur Tengah. Pada awalnya, gerakan ini dibentuk karena adanya invasi Israel di Lebanon pada tahun 1978.

Saat itu, kegiatan Hizbullah adalah mengusir Israel dari Lebanon.

Pada Oktober 1983, Hizbullah pernah melakukan serangan bunuh diri yang menghancurkan markas Marinir Amerika Serikat di Beirut. Akibat dari serangan ini, ada 241 tentara yang tewas.

Serangan tersebut disebabkan oleh kemarahan Muslim Lebanon, khususnya kaum Syiah, terhadap Amerika Serikat dan Prancis. Menurut mereka, kedua negara tersebut bukanlah penjaga perdamaian dalam perang saudara Lebanon, melainkan merupakan faksi dalam perang saudara yang mendukung orang Kristen Maronit.

Baca juga: Nasrallah: Seluruh Israel dalam Jangkauan Rudal Hizbullah!

Di Lebanon, Hizbullah merupakan gerakan militer paling dominan dan bahkan lebih kuat dibandingkan dengan tentara Lebanon. Hal ini memiliki makna bahwa kepemilikan persenjataan Hizbullah sangat menentukan pertahanan Lebanon.

Salah satu senjata yang mereka miliki adalah rudal.

Hizbullah memiliki lebih dari 100.000 roket dan rudal dalam berbagai jenis. Hal ini dikatakan oleh Angkatan Darat Israel dalam sebuah laporan yang dipublikasikan pada Juni lalu, sebagaimana dikutip dari laman surat kabar Asharq Al-Awsat.

Berikut daftar rudal canggih yang dimiliki Hizbullah serta kemampuan jarak tempuh dan hulu ledaknya.

1. Katyusha

Rudal Katyusha mampu mencapai jarak tempuh hingga 40 kilometer dengan hulu ledak seberat 20 kg. Rudal ini sempat menjadi andalan Hizbullah untuk membuat Pasukan Israel merasa ketakutan.

Pada perang 2006, Hizbullah dilaporkan memiliki rudal yang serupa hingga berjumlah 7.000 unit. Iran merupakan negara yang menyediakan sebagian besar rudal tersebut.

2. Fajr

Rudal ini merupakan jenis Katyusha generasi ketiga buatan Iran. Rudal Fajr-3 mampu mencapai jarak tempuh 43 kilometer dengan hulu ledak seberat 45 kilogram.

Rudal Fajr-5 lebih canggih dibandingkan Rudal Fajr-3. Rudal ini mampu mencapai jarak tempuh sejauh 75 kilometer dengan hulu ledak seberat 90 kg.

3. Zelzal

Rudal Zelzal merupakan hasil dari usaha bersama antara Hizbullah dengan Iran untuk meningkatkan akurasi rudal mereka. Rudal Zelzal-1 diketahui mampu mencapai jarak tempuh hingga 125-160 kilometer dengan hulu ledak seberat 500 kg.

Sedangkan Rudal Zelzal-2 mampu mencapai jarak tempuh hingga 210 kilometer dengan hulu ledak seberat 600 kg.

4. Fateh-110

Jenis rudal lainnya yang dipunyai Hizbullah adalah Fateh-110, yaitu rudal balistik jarak pendek. Rudal ini kelihatannya merupakan versi berbeda dari Zelzal-2.

Fateh-110 dapat menjangkau jarak tempuh sejauh 250 hingga 300 km dengan hulu ledak seberat 500 kg.
(min)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3251 seconds (10.177#12.26)