AS Takut China Serang Pesawat Pelosi Jika Terbang ke Taiwan

Rabu, 27 Juli 2022 - 15:30 WIB
loading...
A A A
“Risiko terbesar selama perjalanan Pelosi adalah unjuk kekuatan China yang “salah arah, atau beberapa jenis kecelakaan yang muncul dari demonstrasi tindakan provokatif,” kata Mark Cozad, penjabat direktur asosiasi Pusat Kebijakan Keamanan dan Pertahanan Internasional di Pusat Kebijakan Keamanan dan Pertahanan Internasional. Rand Corp.



“Jadi bisa jadi tabrakan udara. Itu bisa jadi semacam uji coba misil, dan, sekali lagi, ketika Anda melakukan hal-hal semacam itu, Anda tahu, selalu ada kemungkinan ada yang salah,” lanjutnya.

Barry Pavel, direktur Pusat Strategi dan Keamanan Scowcroft di Dewan Atlantik, mencemooh pertimbangan pejabat AS yang melaporkan kapal induk dan pesawat tempur untuk mengamankan keselamatan pembicara.



“Jelas, Gedung Putih tidak mau pembicara untuk pergi dan saya pikir itu sebabnya Anda mendapatkan beberapa saran ini. Dia tidak akan pergi dengan armada," kata Pavel.

Sebelumnya, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan, Beijing telah berulang kali menyatakan "posisi serius" atas kunjungan potensial Pelosi. Dia mengatakan kepada wartawan bahwa China siap untuk "mengambil tindakan tegas dan kuat untuk mempertahankan kedaulatan nasional dan integritas teritorial."
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)