Ratusan Pengacara Palestina Turun ke Jalan, Demo Presiden Abbas

Selasa, 26 Juli 2022 - 01:27 WIB
loading...
Ratusan Pengacara Palestina Turun ke Jalan, Demo Presiden Abbas
Ratusan Pengacara Palestina Turun ke Jalan, Demo Presiden Abbas. FOTO/Flash90
A A A
RAMALLAH - Ratusan pengacara Palestina menggelar protes jalanan yang jarang terjadi pada Senin (25/7/2022), di Tepi Barat. Mereka memprotes “pemerintahan berdasarkan keputusan” Otoritas Palestina dan mengecam Presiden Mahmoud Abbas karena memerintah tanpa parlemen.

Dewan Legislatif Palestina—dibentuk di bawah Kesepakatan Damai Oslo dengan Israel—tidak aktif sejak 2007. Ini berarti Abbas telah memimpin tanpa parlemen yang berfungsi selama hampir semua masa jabatannya sebagai presiden.



Tapi kepemimpinan baru di Asosiasi Pengacara Palestina telah berusaha untuk menekan PA. Presiden asosiasi, Suheil Ashour, mengatakan kepada AFP, pada protes bahwa tubuhnya akan berdiri teguh melawan undang-undang yang disampaikan oleh dekrit presiden yang mengekang “hak dan kebebasan” Palestina.

“Tuntutan kami adalah menghentikan implementasinya sekarang atau membatalkan” serangkaian undang-undang yang membatasi, kata Ashour, yang mendorong reformasi ketika dia terpilih sebagai presiden asosiasi awal tahun ini.

Rancangan konstitusi Palestina memungkinkan keputusan presiden "jika perlu," dalam kasus-kasus di mana PLC tidak dapat bertindak, tetapi pengacara mengatakan Abbas telah bertindak terlalu jauh.



Polisi anti huru hara mencegah para demonstran, yang mengenakan jubah hitam, berbaris ke kantor Perdana Menteri Mohammad Shtayyeh di dekatnya.

Farhan Abu Aisha, seorang pengunjuk rasa, menuduh Abbas membuat keputusan “di bawah naungan kegelapan”. “Otoritas legislatif tidak ada di Palestina, dan otoritas yudisial benar-benar terpinggirkan,” katanya.

Abbas terpilih sebagai presiden Palestina pada 2005, setelah kematian pemimpin ikonik Yasser Arafat. Hamas, saingan berat gerakan Fatah sekuler Abbas, meraih kemenangan dalam pemilihan legislatif Palestina 2006.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1861 seconds (0.1#10.140)