India lepaskan 43 nelayan Sri Lanka

Jum'at, 14 Februari 2014 - 20:42 WIB
India lepaskan 43 nelayan Sri Lanka
India lepaskan 43 nelayan Sri Lanka
A A A
Sindonews.com - Penjaga Pantai India melepaskan 43 nelayan Sri Lanka beserta 10 kapal pukat. Puluhan nelayan ini akan diserahkan kepada pihak Kepolisian Sri Lanka, demikian dilaporkan media setempat, Jumat (14/2/2014).

Kedua negara saat ini sedang bergelut dengan isu penangkapan ikan ilegal.
Pembebasan ini terjadi karena pada sebelumnya patroli Sri Lanka menangkap 29 nelayan India. "Para nelayan India tersebut sudah di serahkan kepada pihak yang berwenang di Utara Sri Lanka," jelas Juru Bicara Angkatan Laut Kosala Warankulasooriya.

Nelayan Sri Lanka memberikan tenggat waktu kepada nelayan India untuk menghentikan aksi penangkapan ikan dengan metode ilegal mereka. Sri Lanka dan India sudah lama membahas isu ini dan sudah berulang kali pula nelayan dari kedua belah pihak menyebrang secara ilegal.

Bulan lalu, kedua belah pihak bertukar lebih dari 400 nelayan setelah pembicaraan tingkat tinggi untuk menyelesaikan masalah penangkapan ikan secara ilegal. Pemerintah India setuju untuk membantu menghilangkan praktek penangkapan ikan ilegal setelah melakukan pembicaaran pada Januari lalu.

Menteri Luar Negeri India Sujatha Singh telah menggambarkannya sebagai "masalah emosional" yang akan membutuhkan keterlibatan lebih besar India dan Pakistan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4033 seconds (0.1#10.140)