Ukraina Luncurkan Serangan Dahsyat dengan Roket Canggih AS, Ini Reaksi Rusia

Selasa, 12 Juli 2022 - 14:45 WIB
loading...
Ukraina Luncurkan Serangan Dahsyat dengan Roket Canggih AS, Ini Reaksi Rusia
Ukraina meluncurkan serangan dahsyat dengan sistem roket HIMARS pasokan AS ke Novaya Kakhovka, wilayah Kherson yang dikuasai pasukan Rusia. Foto/Telegram/itsdonetsk
A A A
KIEV - Rusia mengecam serangan dahsyat dan mematikan oleh militer Ukraina di Novaya Kakhovka, wilayah Kherson yang dikuasai pasukan Moskow.

Serangan yang dilaporkan menewaskan 12 perwira Rusia itu menggunakan High Mobility Artillery Rocket System (HIMARS), sistem roket canggih pasokan dari Amerika Serikat (AS). Serangan dimulai sejak Senin kemarin.

“Serangan semacam itu di situs sipil hanya dapat menarik kecaman tegas. Ini adalah konsekuensi langsung dari pengiriman senjata oleh [Amerika Serikat] ke Kiev,” kata Dmitry Polyansky, wakil kepala misi Rusia untuk PBB, kepada RIA Novosti, Selasa (12/7/2022).

Menurut pejabat lokal yang ditunjuk Moskow, pasukan Ukraina menembaki Novaya Kakhovka, sebuah kota di wilayah Kherson selatan yang dikendalikan oleh pasukan Rusia.

Baca juga: Putin Disebut Marah 12 Perwira Rusia Dihabisi HIMARS AS, Kehebatan S-400 Dipertanyakan

Vladimir Leontyev, kepala administrasi kota setempat, mengatakan pada hari Selasa bahwa tujuh orang tewas dan hingga 70 lainnya terluka.

Dia sebelumnya mengatakan bahwa gudang pupuk diledakkan oleh tembakan, dan beberapa rumah rusak, serta situs sipil lainnya, termasuk pasar dan rumah sakit.

Natalya Zarya, koordinator pengiriman bantuan kemanusiaan ke kota itu, mengatakan bahwa fasilitas penyimpanan dengan 35 ton bantuan, termasuk makanan, juga telah dihancurkan.

Militer Ukraina mengatakan pada Selasa bahwa mereka menghancurkan gudang amunisi Rusia di Novaya Kakhovka.

Ukraina dan Rusia telah berulang kali menuduh satu sama lain menembaki daerah pemukiman dan membunuh warga sipil.
(min)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1860 seconds (10.101#12.26)