Gedung Putih: Biden Akan Bertemu Raja Salman dan MBS Selama Kunjungan ke Saudi

Jum'at, 08 Juli 2022 - 05:22 WIB
loading...
Gedung Putih: Biden Akan Bertemu Raja Salman dan MBS Selama Kunjungan ke Saudi
Gedung Putih: Biden Akan Bertemu Raja Salman dan MBS Selama Kunjungan ke Saudi. FOTO/Al Arabiya
A A A
WASHINGTON - Gedung Putih mengatakan pada Kamis (7/7/2022), bahwa Presiden Joe Biden akan bertemu dengan Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) selama perjalanannya ke Jeddah akhir bulan ini.

Seperti dikutip dari Al Arabiya, Biden juga menyoroti pekerjaannya untuk mengintegrasikan sistem pertahanan udara di kawasan itu untuk melawan ancaman Iran yang berkembang.



“Presiden akan duduk dalam pertemuan bilateral dengan Raja Salman dan tim kepemimpinannya, seperti yang Anda tahu, Putra Mahkota ada di tim kepemimpinan itu. Jadi, tentu saja, Presiden akan melihat Putra Mahkota dalam konteks diskusi bilateral yang lebih besar itu,” kata Koordinator Dewan Keamanan Nasional untuk Komunikasi Strategis John Kirby.

Kirby berbicara kepada wartawan menjelang kunjungan pertama Biden ke Timur Tengah, yang akan berlangsung minggu depan. “Apa yang terjadi di sana (di Timur Tengah) pasti mempengaruhi kita di sini di rumah,” katanya.

Biden akan pergi ke Arab Saudi mulai 15-16 Juli atas undangan Raja Salman. Biden akan ambil bagian dalam KTT GCC yang juga akan mencakup Mesir, Irak, dan Yordania. Presiden AS juga akan singgah di Tepi Barat dan Israel mulai 13-16 Juli, sebelum mengambil penerbangan langsung dari Tel Aviv ke Arab Saudi.

Ditanya tentang perluasan Kesepakatan Abraham, Kirby mengatakan, AS akan mendorong perluasan negara-negara Teluk yang menormalkan hubungan dengan Israel. “Kami percaya itu bagus untuk kawasan ini; itu baik untuk kepentingan keamanan semua pihak, termasuk AS,” katanya.



Menurut Kirby, para pejabat militer AS telah lama mendesak integrasi sistem pertahanan udara regional negara-negara Arab antara satu sama lain, serta dengan Israel dalam menghadapi Iran. Ia juga menjelaskan, ini akan menjadi topik diskusi selama perjalanan Biden.

“Ada kolaborasi yang lebih besar di seluruh kawasan pada isu-isu seperti pertahanan udara, dan kami terus bekerja pada kemampuan dan kerangka kerja pertahanan udara terintegrasi di seluruh kawasan, karena seluruh kawasan prihatin dengan Iran dan kemampuan rudal balistik mereka yang berkembang dan berkembang, serta melanjutkan dukungan untuk terorisme di seluruh wilayah,” katanya.

Kirby menambahkan, ada konvergensi yang berkembang di antara negara-negara di kawasan yang menjadi perhatian tentang program rudal balistik (Iran) yang maju dan dukungan mereka terhadap jaringan teror.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)