Perdana Menteri Inggris Boris Johnson Akan Mengundurkan Diri

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:49 WIB
loading...
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson Akan Mengundurkan Diri
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dilaporkan akan mengundurkan diri. Foto/newstatesman
A A A
LONDON - Boris Johnson akan mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri Inggris menyusul pemberontakan di Partai Konservatif dan diperkirakan akan berpidato di depan publik dalam beberapa jam mendatang.

"Perdana Menteri akan membuat pernyataan kepada negara hari ini," kata juru bicara Downing Street seperti dikutip dari CNN, Kamis (7/7/2022).

Johnson telah dilanda serangkaian skandal yang memaksa bahkan pendukungnya yang paling kuat pun untuk meninggalkannya.

Lebih dari 50 anggota parlemen telah mengundurkan diri dari pemerintah sejak Selasa. Mereka marah terkait penanganan pengunduran diri yang gagal oleh mantan wakil kepala Johnson, Chris Pincher, yang dituduh meraba-raba dua pria pekan lalu.

Johnson awalnya berusaha untuk keluar dari krisis - meskipun ada pengunduran diri menteri tingkat menengah yang belum pernah terjadi sebelumnya dari pemerintah, babak belur di parlemen. Pada hari Rabu, dia masih bersikeras dia tidak akan mengundurkan diri.

Tetapi Johnson tampaknya akhirnya menyerah pada hari Kamis setelah beberapa sekutunya yang paling setia mengatakan kepadanya bahwa permainan sudah berakhir.

Pemimpin oposisi Partai Buruh, Keir Starmer, mengatakan itu adalah kabar baik bagi negara bahwa Johnson telah memutuskan untuk mengundurkan diri, menambahkan bahwa itu seharusnya terjadi sejak lama.

Baca juga: Melawan, Boris Johnson Menolak Mundur sebagai PM Inggris

"Dia selalu tidak layak untuk menjabat. Dia bertanggung jawab atas kebohongan, skandal, dan penipuan dalam skala industri," kata Starmer di Twitter.

Pemimpin oposisi itu juga memiliki kata-kata pedas untuk Partai Konservatif.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1883 seconds (11.97#12.26)