Melawan, Boris Johnson Menolak Mundur sebagai PM Inggris

Kamis, 07 Juli 2022 - 05:08 WIB
loading...
Melawan, Boris Johnson Menolak Mundur sebagai PM Inggris
Boris Johnson menolak desakan agar mundur dari Perdana Menteri Inggris. Foto/Marca
A A A
LONDON - Boris Johnson mengatakan kepada sejumlah menteri kabinetnya bahwa ia tidak akan mengundurkan diri sebagai perdana menteri Inggris . Hal itu diungkapkannya setelah bertemu dengan delegasi yang terdiri dari sejumlah menteri senior.

Sebaliknya, Johnson memecat menteri kunci di kabinet yaitu Menteri Senior Michael Gove setelah konfrontasi dramatis di Downing Street dengan menteri kabinet senior yang memohon padanya untuk mengundurkan diri.

Johnson mengatakan kepada para delegasi itu bahwa ia berencana berjuang meskipun ada penurunan dukungan yang luar biasa.

Johnson mengatakan kepada rekan-rekannya bahwa dia akan tetap pada isu-isu penting yang dihadapi oleh negara.

Baca juga: Sekelompok Menteri Minta Boris Johnson untuk Mengundurkan Diri

“Perdana menteri sedang bersemangat dan akan terus berjuang. Dia memiliki mandat 14 juta dan begitu banyak yang harus dilakukan untuk negara,” kata ajudan Johnson, James Duddridge, kepada Sky News yang dinukil Independent, Kamis (7/7/2022).

Sumber yang dekat dengan perdana menteri mengatakan kepada The Independent bahwa dia bersikeras untuk tetap tinggal, meskipun dukungan untuk kepemimpinannya telah runtuh di parlemen, dan hampir 40 menteri serta ajudan telah mengundurkan diri dalam 24 jam.

Sebelumnya delegasi sejumlah menteri menemui Boris Johnson. Dalam drama politik yang tinggi, bahkan Menteri Dalam Negeri Inggris Priti Patel, salah satu pendukung paling setia Johnson, memihak kepada delegasi Kabinet yang menyambangi Downing Street untuk mengajukan tuntutan mereka agar dia mundur.

Kelompok itu juga termasuk Menteri Bisnis Kwasi Kwarteng, Menteri Transportasi Grant Shapps dan sekretaris Irlandia Utara Brandon Lewis.

Shapps diperkirakan telah memberi tahu Johnson bahwa dia memiliki sedikit peluang untuk memenangkan mosi tidak percaya lagi dan sebaliknya harus menetapkan jadwal pengunduran diri dengan caranya sendiri.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1547 seconds (10.101#12.26)