Agama Warga Negara Vietnam dan Persentasenya

Kamis, 07 Juli 2022 - 16:42 WIB
loading...
Agama Warga Negara Vietnam dan Persentasenya
Cao Dai adalah salah satu agama yang dianut oleh warga Vietnam. Foto/Places Happen
A A A
JAKARTA - Vietnam merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang bertetangga dengan Indonesia . Negara ini mempunyai kebudayaan serta warisan yang beragam. Salah satu aspek yang masih berhubungan dengan budaya Vietnam adalah agamanya. Sebagai negara komunis, Vietnam merupakan negara ateis. Namun, terdapat beberapa agama yang dianut warga negaranya. Berdasarkan laporan International Religious Freedom: Vietnam dari Pemerintah Amerika Serikat di tahun 2021, berikut agama warga negara Vietnam dan persentasenya.

1. Katolik

Agama Katolik memiliki jumlah pemeluk terbesar di Vietnam. Terdapat enam juta penganut Katolik, atau sebanyak 6% dari populasi Vietnam. Konsentrasi tertinggi pemeluk Katolik berada di Vietnam tengah, yakni di Provinsi Nghe An, Ha Tinh, dan Quang Binh.

2. Buddha

Komunitas Buddha yang diakui oleh pemerintah Vietnam dan terdaftar secara resmi adalah Sangha Buddha Vietnam (VBS). Dalam catatan VBS, terdapat lima juta pemeluk agama Buddha atau 5% dari keseluruhan populasi Vietnam.

Baca juga: Agama Warga Negara Pakistan dan Persentasenya

3. Protestan

Protestan memiliki hampir satu juta pengikut di Vietnam. Jumlah ini merupakan 1% dari keseluruhan populasi Vietnam. Sebanyak dua pertiganya adalah kelompok etnis minoritas, termasuk yang berada di dataran tinggi tengah dan barat laut.

4. Hoa Hao

Agama Hòa Hảo merupakan salah satu ajaran agama yang mengambil dasar-dasar agama Buddha. Di Vietnam sendiri, 2% penduduknya memeluk agama Hòa Hảo. Hal tersebut berdasarkan statistik dari Government Committee on Religious Affairs (GCRA) pada Januari 2018, dimuat dalam laporan yang sama.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3542 seconds (11.252#12.26)