AS Didesak Tinggalkan NATO untuk Hindari Perang dengan Rusia

Sabtu, 02 Juli 2022 - 05:05 WIB
loading...
AS Didesak Tinggalkan NATO untuk Hindari Perang dengan Rusia
Anggota Kongres dari Partai Republik Amerika Serikat, Marjorie Taylor Greene, mendesak negaranya meninggalkan NATO untuk menghindari perang dengan Rusia. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Politisi Amerika Serikat (AS) Marjorie Taylor Greene mendesak negaranya untuk meninggalkan NATO untuk menghindari perang dengan Rusia . AnggotaKongres dari Partai Republik asal Georgia ini menyebut pemimpin Amerika sekarang ini bodoh.

Greene melalui akun Twitter-nya membagikan artikel Wall Street Journal yang mencerminkan meningkatnya ketegangan antara Washington dan Moskow setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Dia juga memperingatkan bahwa AS dapat terseret ke dalam konflik dengan Rusia jika keadaan berlanjut seperti apa adanya.

"Rakyat Amerika tidak menginginkan perang dengan Rusia, tetapi NATO dan para pemimpin bodoh kita sendiri menyeret kita menjadi satu," bunyi tweet-nya di samping artikel tersebut, seperti dikutip dari Newsweek, Sabtu (2/7/2022).

"Perang yang tidak akan dimenangkan siapa pun. Eskalasi atas Ukraina, negara non-anggota [NATO], mempertaruhkan perang nuklir adalah permainan kekuatan yang membahayakan seluruh dunia. Kita harus menarik diri dari NATO," lanjut dia.



Terjemahan judul artikel Wall Street Journal yang dibagikan oleh Greene berbunyi: "Moskow Menjanjikan Respons terhadap Ekspansi Militer AS" dan itu berfokus pada tanggapan Rusia terhadap berita bahwa AS akan melakukan ekspansi terbesarnya di Eropa di Polandia.

Ekspansi AS di Eropa termasuk kehadiran permanen di Polandia, yang bertentangan dengan perjanjian 1997 dengan Rusia di mana NATO mengatakan tidak akan membentuk sejumlah besar pasukan asing di Polandia.

"Kami membuktikan bahwa NATO lebih dibutuhkan sekarang daripada sebelumnya," kata Presiden Joe Biden saat berbicara di KTT NATO di Madrid, pada Rabu.

Selama pengumuman tersebut, Biden mengatakan AS akan menambah markas permanen baru untuk Korps Angkatan Darat ke-5 AS di Polandia, rotasi tambahan pasukan ke Rumania dan meningkatkan pengerahan rotasi pasukan di negara-negara Baltik.

Perangkat keras militer Amerika juga akan dikirim ke Eropa untuk meningkatkan pertahanannya.

Itu akan mencakup dua skuadron tempur F-35 tambahan ke Inggris, dua kapal perusak Angkatan Laut AS tambahan yang dikerahkan ke Spanyol dan sistem pertahanan udara baru yang dikirim ke Jerman dan Italia.

Merespons pengumuman Biden, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Segei Ryabkov mengatakan Moskow akan mengambil langkah-langkah kompensasi sebagai tanggapan.

"Saya pikir mereka yang mengusulkan keputusan seperti itu berada di bawah ilusi bahwa mereka akan dapat mengintimidasi Rusia dan entah bagaimana menahannya. Mereka tidak akan berhasil," katanya.

Presiden Rusia Vladimir Putin juga secara terbuka menyatakan ketidaksenangannya saat dia berbicara tentang ejekan baru-baru ini dari para pemimpin G7.

Para pemimpin G7, termasuk Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Presiden Uni Eropa Ursula von der Leyen, mengejek pemimpin Rusia itu atas foto telanjang dadanya yang terkenal, saat menghadiri pertemuan puncak di Jerman pada hari Minggu.

Ketika ditanya tentang lelucon itu, Putin mengatakan kepada wartawan pada hari Kamis: "Saya tidak tahu bagaimana mereka ingin menanggalkan pakaian, di atas atau di bawah pinggang," katanya. "Tapi saya pikir itu akan menjadi pemandangan yang menjijikkan dalam hal apapun."
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)