Israel Tuduh Hizbullah Lancarkan Serangan Siber ke Pasukan PBB di Lebanon

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:37 WIB
loading...
Israel Tuduh Hizbullah Lancarkan Serangan Siber ke Pasukan PBB di Lebanon
Israel Tuduh Hizbullah Lancarkan Serangan Siber ke Pasukan PBB di Lebanon. FOTO/Reuters
A A A
YERUSALEM - Israel menuduh milisi Lebanon yang didukung Iran, Hizbullah , melakukan operasi siber yang dirancang untuk mengganggu misi Penjaga Perdamaian PBB di perbatasan antara negara-negara tersebut. Israel mengancam akan melakukan aksi balasan terhadap peretas musuh.

Tuduhan itu—yang tidak mendapat tanggapan segera dari Beirut, Teheran, atau Pasukan Sementara PBB di Lebanon (UNIFIL)—muncul saat ketegangan Israel-Iran melonjak.



Dalam apa yang disebutnya pengungkapan publik pertama atas insiden tersebut, Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz menuduh Hizbullah melancarkan serangan siber.

“Lembaga keamanan Iran bekerja sama dengan Hizbullah (baru-baru ini) meluncurkan operasi siber dengan tujuan mencuri materi tentang kegiatan UNIFIL dan penyebarannya di wilayah tersebut, untuk digunakan oleh Hizbullah," kata Gantz, seperti dikutip dari Reuters.

“Ini adalah serangan langsung lainnya oleh Iran dan Hizbullah terhadap warga Lebanon dan stabilitas Lebanon,” katanya dalam konferensi siber di Universitas Tel Aviv, tanpa menjelaskan lebih lanjut.



Didirikan pada tahun 1978, UNIFIL berpatroli di perbatasan selatan Lebanon. Pasukan itu ditugaskan untuk memantau gencatan senjata yang mengakhiri perang terakhir antara Hizbullah dan Israel pada 2006.

Israel menuduh orang-orang bersenjata Hizbullah mengatur posisi klandestin di perbatasan yang bertentangan dengan UNIFIL. Sementara para pejabat Lebanon mengatakan Israel melanjutkan penerbangan Angkatan Udara di wilayah mereka yang melanggar gencatan senjata.

Gantz mengatakan, unit cyber Korps Pengawal Revolusi Iran yang disebut "Shahid Kaveh" telah "melakukan penelitian untuk merusak kapal, pompa bensin, dan pabrik industri di beberapa negara Barat termasuk Inggris, AS, Prancis, dan Israel."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1734 seconds (0.1#10.140)