Lama Bungkam, Vladimir Putin Buka-bukaan Soal Kesehatannya

Sabtu, 18 Juni 2022 - 21:56 WIB
loading...
Lama Bungkam, Vladimir Putin Buka-bukaan Soal Kesehatannya
Presiden Rusia Vladimir Putin buka suara terkait kondisi kesehatannya. Foto/Sky News
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin buka suara menanggapi desas desus terkait kesehatannya saat berbicara di sebuah forum ekonomi di St Petersburg pada hari Jumat.

"Rumor tentang kematian saya sangat dibesar-besarkan," kata pemimpin Rusia itu selama tanya jawab seperti dikutip dari Business Insider, Sabtu (18/6/2022).

Putin memparafrasekan salah kutip populer yang dikaitkan dengan penulis Amerika Samuel Langhorne Clemens, yang dikenal dengan nama penanya Mark Twain, di mana ia menanggapi laporan surat kabar tentang kematiannya.

Desas-desus telah beredar tentang dugaan kesehatan buruk presiden Rusia itu selama bertahun-tahun, tetapi spekulasi telah meningkat sejak Rusia menginvasi Ukraina.



Sebuah outlet investigasi Rusia baru-baru ini mengklaim bahwa Putin telah dikunjungi oleh dokter kanker puluhan kali. Klaim lain tentang kesehatannya telah dibuat oleh oligarki Rusia yang tidak dikenal, mantan mata-mata Inggris, dan pejabat Ukraina.

Beberapa video juga beredar di media sosial yang memperlihatkan kaki pemimpin Rusia itu berkedut tak terkendali dan dia tampak tidak nyaman saat mencengkeram tepi meja.

Laporan tersebut memicu banyak spekulasi, termasuk dugaan bahwa wajahnya baru-baru ini tampak membengkak karena mengonsumsi steroid.

Namun, beberapa pejabat Barat meragukan teori bahwa Putin tidak sehat.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1734 seconds (0.1#10.140)