India-ASEAN Perkuat Hubungan di Tengah Konflik Ukraina dan Persaingan AS-China

Kamis, 16 Juni 2022 - 20:01 WIB
loading...
India-ASEAN Perkuat Hubungan di Tengah Konflik Ukraina dan Persaingan AS-China
Pertemuan dua hari menandai 30 tahun hubungan dialog India dan ASEAN. Foto/Twitter/@DrSJaishankar
A A A
NEW DELHI - Pertemuan khusus antara India dan para menteri luar negeri (menlu) Asia Tenggara dibuka Kamis (16/6/2022).

Ketua bersama India dan Singapura menyerukan penguatan hubungan di tengah invasi Rusia ke Ukraina dan persaingan yang meningkat antara Amerika Serikat (AS) dan China yang mengancam perdamaian dan stabilitas di kawasan itu.

Menteri Luar Negeri (Menlu) India S Jaishankar mengatakan India dan Asosiasi Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) menghadapi tantangan geopolitik dari perang di Ukraina dan dampaknya.



Perang Ukraina berdampak pada ketahanan pangan dan energi serta harga pupuk dan komoditas serta gangguan logistik dan rantai pasokan.



“India mendukung penuh ASEAN yang kuat, bersatu, makmur yang sentralitasnya di Indo-Pasifik diakui sepenuhnya,” ujar Jaishankar.

Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan mengatakan, “Tindakan Rusia telah menjungkirbalikkan sistem aturan dan norma internasional.”

Balakrishnan menambahkan persaingan antara AS dan China memiliki implikasi langsung untuk seluruh Asia.

“Perkembangan ini, jika tidak dikendalikan, dapat mengancam satu-satunya sistem perdamaian dan stabilitas yang kami andalkan sebagai dasar pertumbuhan dan perkembangan serta kemakmuran kita selama beberapa dekade,” tutur dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1041 seconds (0.1#10.140)