Xi Jinping Yakinkan Putin, China Akan Terus Dukung Rusia

Rabu, 15 Juni 2022 - 20:21 WIB
loading...
Xi Jinping Yakinkan Putin, China Akan Terus Dukung Rusia
Xi Jinping Yakinkan Putin, China Akan Terus Dukung Rusia. FOTO/Reuters
A A A
BEIJING - Presiden China Xi Jinping mengatakan kepada timpalannya dari Rusia Vladimir Putin melalui telepon pada Rabu (15/6/2022), bahwa Beijing akan terus mendukung Moskow pada “kedaulatan dan keamanan”.

“China bersedia untuk terus menawarkan dukungan timbal balik (kepada Rusia) pada isu-isu mengenai kepentingan inti dan keprihatinan utama seperti kedaulatan dan keamanan,” kata penyiar negara China CCTV melaporkan pernyataan Xi.



Itu adalah panggilan telepon kedua yang dilaporkan antara kedua pemimpin sejak Putin melancarkan invasi ke Ukraina pada 24 Februari. China telah menolak untuk mengutuk invasi Moskow ke Ukraina dan telah dituduh memberikan perlindungan diplomatik untuk Rusia dengan mengecam sanksi Barat dan penjualan senjata ke Kiev.

Menurut CCTV, Xi memuji “momentum pembangunan yang baik” dalam hubungan bilateral sejak awal tahun “dalam menghadapi gejolak dan perubahan global”. “Beijing bersedia "mengintensifkan koordinasi strategis antara kedua negara," sebut Xi.

“China siap untuk memperkuat komunikasi dan koordinasi dengan Rusia di organisasi internasional dan mendorong tatanan internasional dan pemerintahan global menuju pembangunan yang lebih adil dan masuk akal," tambahnya.

Percakapan telepon antara kedua pemimpin itu jatuh pada hari ulang tahun Xi yang ke-69 dan merupakan komunikasi pertama mereka yang dilaporkan sejak sehari setelah Rusia melancarkan invasi ke tetangganya di Eropa.



Xi, yang menggambarkan Putin sebagai “teman lama”, juga mengundang rekannya dari Rusia ke upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin Beijing pada awal Februari.

Uni Eropa dan Amerika Serikat telah memperingatkan bahwa setiap dukungan dari Beijing untuk perang Rusia di Ukraina, atau bantuan bagi Moskow untuk menghindari sanksi Barat, akan merusak hubungan dengan China.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)