alexametrics

Gempa Bumi Guncang Meksiko Selatan, Enam Orang Tewas

loading...
Gempa Bumi Guncang Meksiko Selatan, Enam Orang Tewas
Dinding rumah hancur akibat gempa di Oaxaca, Meksiko. Foto/REUTERS/Jorge Luis Plata
A+ A-
LA CRUCECITA - Gempa bumi berkekuatan 7,4 Skala Richter (SR) mengguncang pantai Pasifik, Meksiko bagian selatan pada Selasa (23/6), menewaskan enam orang dan mengisolasi sejumlah desa.

Gempa juga merusak ratusan gedung di Mexico City. Para korban tewas itu berada dekat pusat gempa di Oaxaca, wilayah pegunungan yang terkenal dengan kopi dan arsitektur kolonial Spanyol.

Saksi mata di kota turis La Crucecita melihat warga ketakutan keluar rumah di jalanan selama beberapa jam setelah guncangan gempa karena mereka takut dengan gempa susulan yang berbahaya.

Banyak rumah mengalami kerusakan di bagian dinding. Warga tampak membersihkan puing bangunan di jalanan.



"Sekitar 200 rumah di wilayah itu rusak, termasuk 30 rumah yang rusak parah," papar seorang pejabat lokal.

"Kami kehilangan semuanya dalam sekejab. Ini hasil kerja seumur hidup kami," papar Vicente Romero, pemilik toko alat tulis yang rumahnya mengalami kerusakan parah.



Batu-batu longsor menutupi jalanan di wilayah pegunungan yang menghubungkan itu kota negara bagian Oaxaca dan pantai.

Tim penyelamat tak dapat mencapai semua desa yang mengalami kerusakan akibat gempa hingga dikhawatirkan lebih banyak lagi korban yang belum tertolong. (Baca Juga: Seorang Pasukan Penjaga Perdamaian PBB dari Indonesia Gugur di Kongo)

"Tim penyelamat mencoba ke pemukiman Santa Catarina Xanaguia, dekat episentrum. Warga mengirim pesan meminta bantuan melalui telepon," ujar pejabat Oaxaca. (Lihat Video: Heboh! Pemuda di Lombok Nikahi Dua Gadis Sekaligus)
(sya)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak