Langka, Kim Jong-un Beri Selamat Ratu Elizabeth atas 70 Tahun Bertahta

Jum'at, 03 Juni 2022 - 17:40 WIB
loading...
Langka, Kim Jong-un Beri Selamat Ratu Elizabeth atas 70 Tahun Bertahta
Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un. Foto/REUTERS
A A A
PYONGYANG - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mengirim pesan ucapan selamat kepada Ratu Inggris Elizabeth II saat London memulai perayaan untuk menandai 70 tahun tahtanya.

Pernyataan itu diungkapkan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Korut.

London dan Pyongyang menjalin hubungan diplomatik pada 2000 dan telah mempertahankan kedutaan besar masing-masing, meskipun hubungan Korea Utara dengan Barat memburuk karena pengembangan senjata nuklir dan lainnya.



“Saya mengirimkan ucapan selamat saya kepada Anda dan rakyat Anda pada kesempatan hari nasional negara Anda, peringatan resmi ulang tahun Yang Mulia,” ungkap Kim dalam pesan kepada Ratu Inggris, yang menurut Kemlu Korut dikirim pada Kamis (2/6/2022).



Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris di Pyongyang saat ini ditutup karena pembatasan masuk dan keluar yang kaku yang diberlakukan Korea Utara sebagai tanggapan terhadap pandemi virus corona.

Tahun lalu, Kantor Berita Pusat Korea resmi Pyongyang (KCNA) melaporkan Ratu Elizabeth telah mengirimi Kim pesan ucapan selamat atas peringatan pendirian negara itu, yang jatuh setiap tahun pada 9 September.

“Saat rakyat Republik Demokratik Rakyat Korea merayakan Hari Nasional mereka, saya mengirimkan harapan baik saya untuk masa depan,” ungkap Ratu Elizabeth dalam pesan saat itu, merujuk pada Korut dengan nama resminya, menurut KCNA.

Korea Utara telah melakukan 17 uji coba senjata tahun ini, termasuk uji coba rudal balistik antarbenua pada jarak penuh untuk pertama kalinya dalam hampir lima tahun.

Washington dan Seoul telah memperingatkan Kim siap melakukan uji coba nuklir lagi kapan saja sekarang.

Puluhan ribu orang bersorak untuk Ratu Elizabeth di London pada Kamis ketika negara itu memulai perayaan empat hari untuk perayaan platinumnya.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1634 seconds (0.1#10.140)