Rusia Tuding Polandia Berencana Caplok Wilayah Ukraina

Rabu, 01 Juni 2022 - 04:48 WIB
loading...
Rusia Tuding Polandia Berencana Caplok Wilayah Ukraina
Rusia tuding Polandia berencana mencaplok wilayah Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Seorang pejabat Rusia mengklaim bahwa Polandia berencana untuk mengambil wilayah Ukraina .

Sekretaris Dewan Keamanan Rusia Nikolai Patrushev, sekutu penting Presiden Rusia Vladimir Putin, mengatakan dalam konferensi pers bahwa dia yakin Polandia berencana untuk mencaplok bagian barat Ukraina, menurut kantor berita Rusia Interfax.

Dia mengatakan dia percaya bahwa sudah ada sejumlah negara yang secara aktif bekerja pada pemecatan terhadap Ukraina. Namun ia tidak menyebutkan secara gamblang negara mana yang dimaksud.

Hampir setiap negara Eropa lainnya telah mendukung Ukraina di tengah invasi, banyak yang menawarkan bantuan militer dan kemanusiaan.

Di tengah invasi Rusia ke Ukraina, Polandia telah muncul sebagai pendukung utama Ukraina, karena kedua negara berbagi perbatasan. Sejak invasi dimulai pada akhir Februari, pihak berwenang Rusia telah membuat beberapa pernyataan terhadap Polandia, memicu kekhawatiran bahwa Putin mungkin mengarahkan pandangannya ke Polandia jika ia mengambil Ukraina.



"Yang disebut mitra Barat dari rezim Kiev juga tidak menentang untuk mengambil keuntungan dari situasi saat ini untuk kepentingan mereka sendiri dan memiliki rencana khusus untuk tanah Ukraina," kata Patrushev.

"Rupanya, Polandia sudah bergerak ke tindakan untuk merebut wilayah Ukraina barat," imbuhnya seperti dikutip dari Newsweek, Rabu (1/6/2022).

Patrushev menunjuk pernyataan yang dibuat oleh Presiden Polandia Andrzej Duda selama pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada bulan Mei, ketika kedua pemimpin menekankan kerja sama.

"Perbatasan Polandia-Ukraina harus bersatu bukan memecah belah," kata Duda saat berbicara dengan anggota parlemen Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1464 seconds (0.1#10.140)