Trump Tolak Kontrol Senjata Meski 21 Orang Dibantai Mengerikan di Texas

Sabtu, 28 Mei 2022 - 10:26 WIB
loading...
Trump Tolak Kontrol Senjata Meski 21 Orang Dibantai Mengerikan di Texas
Mantan presiden Donald Trump menolak seruan kontrol senjata di Amerika Serikat meski 21 orang baru saja dibantai dalam penembakan di sekolah di Texas. Foto/REUTERS/Shannon Stapleton
A A A
UVALDE - Mantan presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menolak seruan untuk memperketat kontrol senjata di negara tersebut. Penolakan disampaikan meski 21 orang dibantai secara mengerikan oleh pria bersenjata di sebuah sekolah di Texas.

Dia mengatakan orang Amerika yang layak harus diizinkan memiliki senjata api yang mereka butuhkan untuk mempertahankan diri dari kejahatan.

"Keberadaan kejahatan di dunia kita bukanlah alasan untuk melucuti senjata warga yang taat hukum...Keberadaan kejahatan adalah salah satu alasan terbaik untuk mempersenjatai warga yang taat hukum," katanya dalam pidato di hadapan anggota National Rifle Association (NRA).

Pernyataan Trump muncul saat dia menjadi headline sebuah acara NRA di Houston, tiga hari setelah pembantaian mengerikan di Sekolah Dasar (SD) Robb, Texas, menyalakan kembali perdebatan tentang kontrol senjata AS.

"Berbagai kebijakan pengendalian senjata yang didorong oleh kaum kiri tidak akan melakukan apa pun untuk mencegah kengerian yang terjadi. Sama sekali tidak ada apa-apa," katanya.



Pada Selasa lalu, seorang pria bersenjata berusia 18 tahun dengan senapan serbu AR-15 yang dibeli secara legal menewaskan 19 anak dan dua orang guru di SD Robb di Uvalde, Texas. Serangan itu menandai penembakan sekolah paling mematikan dalam sejarah negara bagian setempat.

Trump membacakan nama 19 anak, yang dia gambarkan sebagai korban "orang gila" yang tidak terkendali, sebelum menyatakan bahwa upaya pengendalian senjata adalah "aneh".

"Kita semua harus bersatu, Republik dan Demokrat—di setiap negara bagian, dan di setiap tingkat pemerintahan—untuk akhirnya memperkuat sekolah kita dan melindungi anak-anak kita...Yang kita butuhkan sekarang adalah perbaikan keamanan dari atas ke bawah di sekolah di seluruh negeri ini," imbuh Trump, seperti dikutip AFP, Sabtu (28/5/2022).

Beberapa pembicara, termasuk Gubernur Texas Greg Abbott, menarik diri dari acara tersebut, tetapi Trump sebelumnya mengonfirmasi bahwa dia tidak akan membatalkan penampilannya di "Forum Kepemimpinan" tahunan NRA.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)