Negara Eropa Timur Anggota NATO, Nomor 2 dan 3 Awalnya Komunis

Selasa, 24 Mei 2022 - 15:05 WIB
loading...
Negara Eropa Timur Anggota NATO, Nomor 2 dan 3 Awalnya Komunis
Bendera negara-negara anggota NATO berkibar di kantor pusat NATO. Foto/REUTERS
A A A
BRUSSELS - Eropa Timur merupakan wilayah geografis di benua Eropa. Kawasan ini berada di antara Pegunungan Ural dan Kaukasus dan perbatasan Rusia barat.

Selain secara geografis, istilah Eropa Timur juga bermakna politis. Istilah Eropa Timur atau Blok Timur semula digunakan oleh negara-negara Barat untuk mengelompokkan negara di Eropa yang didominasi ideologi komunisme dan pengaruh Uni Soviet.

Mengutip dari World Population Review, ada 10 negara di wilayah Eropa Timur. Di antaranya ada yang menjadi anggota NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara).

Berikut 3 negara Eropa Timur anggota NATO:

1. Polandia

Dengan luas wilayah 312.685 kilometer persegi, atau 1,4% dari luas Eropa, Polandia menjadi negara terbesar di wilayah Eropa Timur.

Jumlah populasi Polandia saat ini mencapai lebih dari 37 juta orang. Negara ini berbatasan dengan Ukraina, Belarusia, Rusia, dan Lithuania di sebelah timur.

Sedangkan di barat, Polandia bertetangga dengan Jerman. Pada tahun 1999, bersama dengan Hungaria dan Chechnya, Polandia bergabung ke dalam NATO. Sedangkan pada 2004, Polandia masuk dalam Uni Eropa.

2. Slowakia

Slowakia atau Slovakia adalah negara terkecil kedua di Eropa Timur, setelah Moldova. Negara ini merupakan landlock country yang berbatasan dengan Austria, Ceko, Hungaria, Polandia, dan Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1721 seconds (0.1#10.140)