Senator AS Minta NATO Persiapkan Respons Menghancurkan Jika Rusia Gunakan Nuklir

Minggu, 22 Mei 2022 - 11:45 WIB
loading...
Senator AS Minta NATO Persiapkan Respons Menghancurkan Jika Rusia Gunakan Nuklir
Senator AS minta NATO persiapkan respons menghancurkan terhadap potensi aksi nuklir Rusia. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) dan sekutu NATO-nya harus mempersiapkan tanggapan "menghancurkan" terhadap potensi aksi nuklir Rusia . Seruan itu dilontarkan Senator AS, Mitt Romney.

Seruan untuk bertindak datang di tengah ancaman dari Kremlin dan peringatan dari diplomat Rusia bahwa invasi Ukraina negara itu dapat menyebabkan serangan nuklir.

“Penggunaan senjata nuklir oleh Rusia tidak dapat disangkal akan menjadi peristiwa geopolitik yang mendefinisikan ulang dan mengorientasikan ulang,” tulis senator Republik itu dalam opininya di The New York Times seperti dikutip dari New York Post, Minggu (22/5/2022).

“Kita harus membayangkan hal yang tak terbayangkan, khususnya bagaimana kita akan merespon secara militer dan ekonomi terhadap pergeseran seismik di medan geopolitik global,” sambungnya.

Baca juga: 100 Bom Nuklir AS Disebar di Eropa, Sedangkan Milik Rusia Tetap di Tempat

Mantan kandidat presiden AS itu mempresentasikan beberapa opsi yang tersedia bagi sekutu barat selain respons nuklir jika Presiden Rusia Vladimir Putin yang "terpojok dan delusi" mengerahkan senjata nuklir.

"Pasukan NATO dapat terlibat dengan Rusia di Ukraina dan menghancurkan upaya mereka untuk merebut kembali wilayah bekas Soviet yang damai," tulisnya.

AS juga dapat menekan China dan sekutu Rusia lainnya untuk berbalik melawan mitranya dengan ultimatum, serupa dengan yang disampaikan oleh mantan Presiden George W. Bush setelah serangan 11 September.

"Anda bersama kami, atau Anda bersama Rusia - Anda tidak bisa bersama keduanya," tulis Romney.

Baca juga: PM Finlandia: Gabung NATO Tak Berarti Jadi Tuan Rumah Senjata Nuklir di Depan Pintu Rusia
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1034 seconds (10.177#12.26)