Rifdah Farnidah, Perempuan Indonesia Juara 1 Hafalan Al-Qur’an 30 Juz Tingkat Dunia

Kamis, 19 Mei 2022 - 09:18 WIB
loading...
Rifdah Farnidah, Perempuan Indonesia Juara 1 Hafalan Al-Qur’an 30 Juz Tingkat Dunia
Rifdah Farnidah (barisan depan tiga dari kiri), perempuan Indonesia yang meraih juara 1 hafalan Al-Quran 30 juz tingkat dunia di Nigeria. Foto/Kementerian Agama Republik Indonesia
A A A
JAKARTA - Rifdah Farnidah, perempuan asal Indonesia , meraih juara pertama Musabaqah Hifzh al-Qur'an (MHQ) kategori 30 juz pada 107's Family Quranic Competition di Nigeria.

Rifdah merupakan dosen Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta.

Rifdah mengalahkan 87 kontestan dari berbagai negara, termasuk Ghana, Liberia, Amerika Serikat, India, Arab Saudi, dan Turki.

MHQ 107's Family Quranic Competition itu berlangsung 8-26 April 2022. Rifdah sebelumnya meraih juara 2 MHQ Internasional di Yordania tahun 2018.

"Alhamdulillah saya bersyukur masih diberikan kesempatan mengikuti musabaqah di tingkat internasional dan bisa memberikan hasil yang terbaik untuk Indonesia," katanya, seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Agama Republik Indonesia.

Baca juga: Pria Ini Coba Bikin Salinan Al-Qur'an dengan 200 Kg Emas, Terbesar di Dunia

"Tentunya apa yang saya raih saat ini tidak lepas dari doa dan bimbingan dari guru-guru saya di pondok pesantren al-Hikamussalafiyyah Sumedang dan Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta."

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani, memberikan apresiasi dan rasa bangga atas prestasi yang diraih Rifdah.

"Ditjen Pendidikan Islam tentu turut bangga dan berterima kasih atas capaian ini. Musabaqah Hifzh Al-Qur’an 30 juz tingkat dunia diraih oleh Indonesia melalui perguruan tinggi di bawah binaan Kementerian Agama. Meski secara teritori, Indonesia jauh dari pusat kelahiran Islam di Timur Tengah, tetapi secara faktual Indonesia mampu menjadi peraih yang terbaik di ajang internasional. Indonesia tentu sangat bangga," paparnya.
(min)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1967 seconds (10.177#12.26)